Beranda / Berita / Tips Merawat Motor

Lakukan Perawatan Ini Supaya Motormu Tetap Awet

Tanggal : , Penulis : Ric

Lakukan Perawatan Ini Supaya Motormu Tetap Awet

Feders-Kalau punya motor harus dirawat supaya tetap awet dan juga aman saat dikendarai. Jangan malas merawat motor.

Buat Feders yang sehari-hari mengendarai motor, simak tips perawatan motor supaya tetap awet dan nyaman berikut ini.

Ban
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika bicara soal ini. Salah satunya soal keausan. Luangkan waktu sekitar lima menit, untuk melihat apakah kembang pada ban masih tebal. Kemudian, periksa tekanan ketika ban dalam keadaan dingin, pastikan sesuai denan standar yang ada dalam buku petunjuk.

Oli
Di mana ada mesin, pasti ada gesekan, dan gesekan membutuhkan pelumasan untuk mencegah keausan. Jika oli lama tidak ganti, kemungkinan kerusakan pada mesin akan semakin besar. Standar pergantian oli ada dalam buku petunjuk.

Rantai dan gir
Secara umum, rantai dan gir adalah dua bagian terpenting bagi sepeda motor. Agar keduanya terus bergulir dalam kondisi prima, mereka membutuhkan pembersihan dan pelumas secara teratur.

Anda dapat membeli produk khusus untuk dua komponen ini di toko aksesori, atau dapat juga menggunakan minyak tanah sebagai pembersih. Jangan menggunakan gemuk yang terlalu keras, karena dapat mengganggu efektivitas rantai.

Kabel
Jika motor yang dimiliki menggunakan kopling manual, maka memperhatikan kabel kopling dan tuas gas sangat penting. Jenis pelumas pada kabel kopling tidak sama dengan oli pada rantai. Pelumas yang digunakan khusus, agar kinerjanya lebih responsif.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine