Beranda / Berita / Tips Ngerem Di Turunan

Jangan Sembarangan, Begini Cara Kendalikan Motor Matic Saat di Turunan

Tanggal : , Penulis : Ric

Jangan Sembarangan, Begini Cara Kendalikan Motor Matic Saat di Turunan

Feders-Mengendarai motor jenis matic memang paling mudah, tidak perlu pakai kopling dan oper gigi, cukup starter dan tarik gas.

Tapi ada satu hal yang terbilang gampang-gampang susah mengendarai motor matic, yakni ketikan melintasi jalan turunan, terutama saat melakukan pengereman.

Berbeda dengan motor jenis lain, mengerem di jalan turunan menggunakan motor matic tidak bisa sembarang Feders, salah-salah malah bisa fatal.

Buat Feders pengguna motor matic, berikut ini tips melakukan pengereman menggunakan motor matic di jalan yang menurun.

1.Jangan kosongkan gas.
Feders tahukan, kalau motor matic itu sistem persneling-nya otomatis. Jadi jangan langsung kosongkan gas saat meliwati jalanan yang menurun.

kalau kamu mengosongkan persneling sampai kosong bisa jadi laju motor matic tidak terkendali.

Usahakan saat melewati jalur turunan terutama turunan tajam maka kurangi saja gasnya tapi jangan sampai kosong ya! Minimal hingga kecepatan 5-10km/jam.

2.Selalu posisikan keempat jari di masing-masing handle rem.
Jika gas sudah dikurangi, saat menarik handle atau tuas rem harus menggunakan empat jari, karena saat di turunan tekanan rem pada motor akan sangat kencang, jika menggunakan dua jari dikhawatirkan tidak kuat menahan tekanan rem.

Jempol wajib siap di grip gas untuk mengatur laju gas motor matic-mu. Cengkram handle rem seperlu dan secukupnya, jangan terlalu dalam supaya rem tidak terlalu mencengkram yang malah membuat motor kehilangan kestabilan.

3.Prioritaskan pakai rem depan ketimbang rem belakang
Saat melewati jalanan yang turun usahakan untuk menekan handle rem depan lebih keras ketimbang rem belakang. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine