Beranda / Berita / Dongkrak

Dongkrak Tenaga Honda BeAT FI Bisa Pakai Piston Yamaha Z1

Tanggal : , Penulis : admin

Dongkrak Tenaga Honda BeAT FI Bisa Pakai Piston Yamaha Z1

Foto Caption : Piston Honda BeAT (Kiri) dan Piston Yamaha Z1 (kanan)

Bagi anda yang memiliki sepeda motor matic Honda BeAT FI atau Scoopy FI yang juga kebetulan membutuhkan peforma lebih terhadap tunggangan, sudah pasti disuguhkan banyak pilihan untuk menjadikannya biar makin bertenaga.

Tips berikut ini sepertinya bisa menjadi opsi pemilik Honda BeAT atau Scoopy tanpa harus melakukan bore up atau menyentuh bagian cylinder head sekalipun. Caranya adalah dengan mengganti piston standar Honda BeAT atau Scoopy itu.

Substitusinya adalah dengan membeli piston Yamaha Z1. Kenapa begitu? Jawabannya karena diameter piston maupun pen piston sama yaitu 50 mm dan 13 mm.

Kalau diukur bibir piston ke lubang piston milik Yamaha Z1 lebih tinggi 0,3 mm. Artinya, ujung piston bisa dibuatkan dome setinggi 0,3 mm.

Caranya adalah dengan membubut kepala piston Yamaha Z1 dengan lebar 3 mm dan tinggi 0,3 mm. Kemudian ukur ketinggian bibir piston ke lubang pen supaya sama dengan piston milik BeAT FI atau Scoopy FI.

Baca Juga: Oli Motor Matic Terbaik untuk Honda BeaT eSP 2019

Dengan begitu rasio kompresi bisa naik 0,5 poin sampai 1. Kita ambil contoh jika rasio semula adalah 9 : 1, setelah menggunakan piston Yamaha Z1 maka rasio Honda BeAT Fi atau Scoopy FI akan naik menjadi 9,5 : 1 sampai 10 : 1.

Selain itu, berat piston ZI setelah dibubut juga akan lebih ringan dari piston Honda BeAT FI dari pabrik. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine