Tips Merawat Komstir Motor, Lakukan Setiap 4.000 KM
Bagian ini perlu dirawat karena fungsinya sebagai penyumbang kenyamanan berkendara sangat vital.
Teguh dari RPM Racing mengatakan di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan mengatakan, "Homesteer menjadi organ vital dalam motor, apalagi tak terlihat, jadi kurang perawatan.
Fungsi besarnya yaitu sebagai penstabil kemudi.
"Komstir atau homesteer fungsinya sebagai poros kemudi, jika oleng berarti bagian tersebut bermasalah, dalam hal ini bearing dan peranti lainnya," katanya.
Didalam komponen homesteer ada yang namanya bearing, adalah bola-bola kecil yang posisinya berada diantara as fork dengan homesteer.
Bola tersebut bisa pecah jika sering menghajar jalanan rusak.
"Homesteer bisa oblak jika sering melewati jalan rusak, normalnya wajib dicek setiap 4.000 km. Saat ini hal itu diabaikan, jika oleng baru deh dicek," tambahnya.
Padahal penyebab lainnya adalah kurangnya perawatan yang mengakibatkan menumpuknya kotoran pada bola-bola bearing.
"Bola bearing bisa kotor, karena dilumasi greese atau stempet jadi kotoran menempel, makanya dianjurkan wajib dicek setiap jarak 4.000 km," tutup pria ramah ini. (Federaloil.co.id)
Artikel Lainnya

Jangan Salah, Ini Perbedaan Oli Mesin

Mudik Makin Irit Dengan Tekanan Angin
2_250_150.jpeg)
Mitos Fakta, Oli Mesin Bisa Pengaruhi

Temukan Produk Asli Federal Oil di

Tarikan Motor Tertahan? Ini Sebab dan
_250_150.jpg)
Federal Matic 30, Jaga Performa Motor
_250_150.jpg)