Beranda / Berita / Kuliner Khas Semarang

Kuliner Khas Semarang Yang Unik Dijamin Bikin Ketagihan

Tanggal : , Penulis : Ric

Kuliner Khas Semarang Yang Unik Dijamin Bikin Ketagihan

Feders-Kota Semarang salah satu kota yang memiliki banyak kuliner khasnya. Wajar saja jika para wisatawan tidak ketinggalan untuk menikmati kuliner Semarang.

 Kota semarang adalah kota terbesar ke lima sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung.Sebagai salah satu Kota paling berkembang di Pulau Jawa.

Kota Semarang juga memiliki beberapa julukan,antara lain: Venetie van Java, The Port of Java dan Semarang Pesona Asia.

Buat Feders yang punya rencana liburan ke Semarang, berikut ini kuliner khas Semarang yang patut kamu nikmati.

Tahu Gimbal
Tahu gimbal adalah makanan kuliner khas Semarang yang ada tahu goreng, tempe, gimbal, irisan kol dan disiram sambal kacang. 

Gimbal adalah ikan udang yang digoreng dengan tepung.Rasanya manis, pedas dan juga gurih. Nyam enak itu pasti rasanya, kuliner ini di Simpang Lima.

Soto Bangkong
Soto bangkok adalah olahan soto yang terdapat di Rumah Makan Jalan Brigjen Katamso Semarang. Soto bangkong ada sejak tahun 1950, yakni Perempatan Bangkok. 

Perbedaan makanan asli Semarang ini adalah kuahnya yang bening walaupun warnanya agak coklat. 

Soto ini disajikan dengan isian berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun dan taburan bawah merah dan bawang putih.

Babat Gongso
Nasi Babat Gongso adalah makanan Khas Semarang yang wajib kita coba bagi pecinta makanan. Feders bisa menemukannya Nasi Goreng Pak Karmin, di Jln Pemuda(Samping Jembatan Mberok), Semarang. 

Babat gongso disni terkenal dengan rasanya yang enak dan khas.

Babat Gongso adalah potongan babat dan jeroan, seperti, limpa, ati, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental, manis, dan pedasnya sangat terasa. Babatnya juga empuk.

Pisang Plenet
Pisang planet adalah jajanan Khas yang enak namun sekarang sudah jarang ditemukan. Pisang planet adalah pisang kepok membuatnya dengan cara dibakar diatas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih. 

Pisang yang digunakan adalah pisang kepok raja karena memiliki rasa manis dan berwarna kuning.

Pisang planet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki varian rasa, antara lain coklat, keju, dan nanas. Ada juga yang hanya ditaburi gula. 

Pisang planet ada di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajanan toko Sri Ratu.

Wingko Babat
Wingko babat adalah salah satu jajanan Khas Semarang yang terkenal. Wingko babat jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang di bakar. 

Rasanya juga bervariasi seperti, coklat, kelapa muda dan lain-lain. Wingko babat pembuatannya dengan bahan alami semua, jadi enak di lidah.

Harganya sangat terjangkau yaitu cuman Rp.2.000,-. Wisatawan banyak yang membeli wingko babat untuk oleh-oleh Khas Semarang.

Tempat jualan wingko babat ada di kawasan Simpang Lima Semarang. Buruan ayo beli. Di jamin enak rasanya dan memuaskan.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine