Beranda / Berita / Tips Safety Riding

Begini Cara Melakukan Pengereman Sepeda Motor Dengan Baik

Tanggal : , Penulis : Ric

Begini Cara Melakukan Pengereman Sepeda Motor Dengan Baik

Feders-Yang biasa berkendara dengan motor sehari-hari tentunya udah paham tuh dengan karakter motornya, terutama dengan sistem pengereman. 

Nah masih banyak yang salah kaprah nih. Fungsi pengereman sebenarnya bukan untuk menghentikan motor lho Feders! Tapi untuk memperlambat laju kendaraan,secara bertahap alias deselerasi hingga kecepatan motor mencapai 0, alias berhenti total.

Pada saat Feders memutuskan untuk belajar mengendarai sepeda motor, hal pertama yang harus dipertimbangkan untuk menghindari diri dari resiko kecelakaan adalah bagaimana kita dapat menguasai teknik untuk menghentikan laju kendaraan. 

Satu-satunya alat yang bisa dengan aman mengurangi laju kendaraan dan menghentikan kendaraan adalah rem.

Ngomongin soal cara ngerem, enggak cuman asal bejek tuas rem aja Feders. Kalau asal bejek, bisa-bisa Feders yang terpelanting ke aspal. 

Mengerem yang benar-benar efektif adalah menggunakan secara bersamaan antara rem depan dan belakang, bukan mengoptimalkan salah satu. Ingat, ada rem depan dan belakang!

Banyak yang salah kaprah karena berfikir kalau paling efektif menghentikan lanju sepeda motor adalah dengan rem belakang. 

Ternyata yang paling efektif untuk menghentikan laju kendaraan adalah rem depan. Artinya apabila teknik pengereman telah dikuasai dengan baik, maka jarak pengereman paling pendek akan diperoleh apabila mengaplikasikan rem depan. 

Tapi bukan berarti Feders enggak menggunakan rem belakang lagi yah. Rem belakang tetap digunakan, namun sebagai penyeimbang.

Ada kasus tertentu dimana Feders harus lebih menguasai penggunaan rem belakang saja. Ini terjadi hanya ntuk kondisi jalan tertentu. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine