Beranda / Berita / Gemar

Gemar Belanja Online ? Ini Panduannya Agar Tidak Tertipu

Tanggal : , Penulis : adit

Gemar Belanja Online ? Ini Panduannya Agar Tidak Tertipu

Belanja online sudah menjadi hal biasa di jaman sekarang, tidak buang waktu dan bisa dilakukan dimanapun tanpa perlu meninggalkan tempat. Cukup dengan gadget dan akses internet kita bisa membeli apapun bahkan dari luar negara.

Namun jangan terlena dengan beragam kemudahan tersebut, tak sedikit yang tertipu ketika melakukan online shopping. Barang sudah dibayar tapi kiriman yang dijanjikan tak kunjung datang, saat dihubungi penjuaalnya tiba-tiba menghilang.

Nah, Feders agar kejadian tersebut tidak terjadi, simak panduan berbelanja online berikut ;


Website Terpercaya

Sebelum memulai berbelanja online, cari tahu dulu, di manakah website jual-beli yang terpercaya. Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional  dan diakui keamanannya bisa jadi pilihan. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia lewat blanja.com.


Hindari Harga yang Terlalu Miring

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, harga pasti sesuai dengan kualitas, dan tidak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah. Hal ini yang patut diwaspadai sekali, terutama di commerce yang berbentuk marketplace.


Kenali Produk

Sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Agar Anda lebih mengenal tentang produk tersebut, dan apa saja kelengkapan yang disertakan oleh produk tersebut jika Anda membelinya.


COD (Cash On Demand)

Singkatan yang sering digunakan anggota forum ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Jika seorang penjual tidak bisa atau tidak mau diajak COD, maka kamu patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.


Rekber (Rekening Bersama)

Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual di forum jual beli ataupun situs commerce classified. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga tidak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli diterima.


Kenali Penjual

Ini untuk kalian yang berbelanja di commerce jenis classified maupun forum jual beli. Di sini perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, baiknya kalau Anda mencari tahu asal-usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya dll. Apalagi kalau penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya Anda lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari. Jika tidak mau repot, beralih saja ke commerce terpercaya. Karena, reputasinya sudah dikenal, dan bisa dimintai pertanggung-jawabannya.


Simpan Bukti Pembayaran, Email dan SMS

Sebaiknya, setelah melakukan transaksi, entah itu melalui transfer ataupun kartu kredit, akan ada bukti pembayaran melalui email. Simpan bukti pembayaran tersebut  baik-baik. Agar bisa jadi acuan saat terjadi apa-apa di pengiriman. Untuk yang hobi belanja di classified maupun fjb, sama saja. Simpan bukti transfer Anda beserta email dan SMS antara Anda dan penjual. Jadi, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (ditipu), maka Anda bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak berwajib (polisi) untuk menangani masalah tersebut.


Selamat berbelanja Feders. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine