Beranda / Berita / Federal Oil

Arti Kode API pada Kemasan Federal Oil

Tanggal : , Penulis : tigor

Arti Kode API pada Kemasan Federal Oil

Feders, dalam tiap botol Federal Oil pasti kita melihat tulisan API yang biasanya terdapat di bagian muka kemasan di bawah kode kekentalan 10w-40 misalnya.

API (American Petroleum Institute) sendiri adalah lembaga independen di Amerika Serikat yang memberikan standar kualitas oli pelumas. 

Standar kualitas itu menyangkut karakteristik oli sesuai bahan bakar yang dipakai oleh mesin, dan generasi terbaru teknologi yang digunakan pada oli.

Untuk mesin berbahan bakar bensin, setelah API biasanya diikuti dengan huruf kode “S”, sedangkan mesin diesel yang berbahan bakar solar menggunakan kode “C”.

Huruf kedua yang mengikuti di belakang API menandakan kebaruan/ kualitas teknologi terbaru pada oli sesuai peruntukannya untuk mesin-mesin dengan teknologi lama atau baru.

Semakin mendekati huruf Z, maka oli tersebut diperuntukkan bagi motor-motor baru, sedangkan semakin mendekati huruf A maka oli tersebut digunakan pada motor-motor keluaran lama.

Jadi, misalnya API SJ berarti oli pelumas tersebut diperuntukkan bagi mesin berbahan bakar bensin untuk keluaran tahun 2001an.(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine