Beranda / Berita / Lampu Rem

Lampu Rem Sering Mati? Mungkin Ini Penyebabnya Menurut Mekanik

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Lampu Rem Sering Mati? Mungkin Ini Penyebabnya Menurut Mekanik

 

Federal Oil - Lampu rem belakang, merupakan salah satu bagian penting bagi pemilik motor.

Gunanya adalah sebagai kode pengendara melakukan pengereman sehingga pengendara di belakang bisa mengantisipasi pengereman tersebut.

Selain itu juga, lampu rem berguna untuk memberikan penerangan pada nomor kendaraan bagian belakang, karena itu merupakan keharusan pada setiap kendaraan bermotor.

Tapi kadang ada saja kendala yang dialami, salah satunya adalah lampu rem yang terus menyala, meski kedua tuas rem dalam posisi tidak ditekan.

Stop lamp tidak berfungsi kebanyakan dari penggunaannya tidak tepat.

Rusdianto, mekanik bengkel RHS Jaya Motor di bilangan Tangerang mengatakan bahwa biasanya juga disebabkan karena switch lampu rem kotor akibat banyaknya debu yang menumpuk, jika terjadi seperti itu maka harus dibongkar dan dibersihkan.

"Kebiasaan meletakkan jari atau ujung kaki di tuas rem juga berpengaruh, tidak sadar lampu menyala terus menerus, panas dan putus lebih cepat." kata Rusdianto.

"Atau bisa juga bisa karena pada bagian switch rem terlalu longgar, sehingga pada saat tuas rem di tekan tidak bisa maksimal." lanjutnya.

Perlu diketahui risiko dari membiarkan lampu rem motor matik dalam keadaan terus menyala.

Lampu rem yang menyala terus bisa membuat kelistrikan lampu tersebut korslet dan membuat lampu menjadi rusak. 

"Kalau lampunya sudah LED, tentu biaya servis atau biaya penggantiannya lebih besar karena lampu LED itu mahal." tutup Rusdianto.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine