Beranda / Berita / Kuliner Lombok

Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Dicoba Saat Melancong ke Lombok

Tanggal : , Penulis : Ric

Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Dicoba Saat Melancong ke Lombok

Di Lokasi ini juga terdapat Taman Narmada yang dikenal dengan air awet mudanya. Ada beberapa tempat yang direkomendasi apabila anda ingin mencicipi Sate Bulayak ini. 

Biasanya warga Mataram dapat mengunjungi Hutan Suranadi (hutan alam), Pantai Senggigi, Narmada, Taman Udayana di Kota Mataram, Pantai Ampenan, dll. 

Disana banyak sekali penjual sate bulayak yg tentunya akan menawarkan salah satu makanan khas Lombok ini.

4.Ayam Taliwang
Sebagai makanan khas Lombok, ayam taliwang menyimpan sejarah yang panjang. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang di tempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem. 

Masakan Ayam Taliwang memang bisa anda temui di sebagian kota besar di Indonesia, seperti halnya masakan Padang. 

Namuh tahukah anda bahwa untuk membuat ayam taliwang yang enak terdapat dari kelezatan bumbunya. Itu mengapa Ayam Taliwang  yang anda cicipi di Lombok selalu terasa lebih enak di bandingkan di daerah lain.

Ada satu tempat di Mataram yang dikenal dengan nama Karang Taliwang. Tempat ini diberi nama demikian, dikarenakan disanalah tempat pertama Ayam Taliwang di kembangkan di Pulau Lombok. Untuk restaurant pertama, terdapat di seputarannya. 

Namun kini seiring dengan perkembangan kota, Ayam Taliwang ini dapat anda jumpai di berbagai penjuru Kota Mataram, bahkan di seluruh Pulau Lombok sekalipun dari kelas kaki lima sampai dengan kelas bintang lima.

Jika di Jawa terdapat lalapan (sayur) sebagai menu pendamping, maka di sini Ayam Taliwang juga memiliki Pelecing kangkung sebagai lalapannya.

5. Plecing Kangkung
Masakan khas Lombok barat ini biasanya di sajikan dengan Ayam Taliwang. Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine