Beranda / Berita / Bagian Motor Yang Harus Dibersihkan

Bagian Berikut Ini Wajib Dibersihkan Setelah Motor Menerobos Genangan Air

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Bagian Berikut Ini Wajib Dibersihkan Setelah Motor Menerobos Genangan Air

Federal Oil - Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, bahakan di wilayah DKI Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya dalam beberapa hari ini diguyur hujan.

Jika sudah musim hujan, biasanya akan banyak genangan, bahkan sering terjadi banjir di beberapa daerah seperti misalnya di Jakarta. Ketika sudah musim hujan, perawatan motor harus lebih ekstra lagi supaya motor awet.

Perawatan yang harus dilakukan dengan rajin membersihkan atau mencuci motor, terutama jika motor habis menerobos genangan atau lumpur.

Berikut ini bagian atau komponen yang perlu kamu bersihkan setelah motor kamu menerobos genangan atau meliwati jalan berlumpur.

1. Rem
Mengingat letak rem yang berada di dekat roda membuatnya rentan terkena cipratan pasir hingga lumpur. Jika dibiarkan tanpa membersihkannya, hal ini akan membuat kinerja rem menurun bahkan bisa menimbulkan bunyi decitan ketika motor di jalankan.

Untuk itu, pastikan setelah kamu berkendara melewati jalanan berlumpur, langsung bilas dan bersihkan seluruh bagian motor. Jangan lewatkan juga pada bagian remnya. 

Meskipun kecil, rem menjadi salah satu perangkat yang penting dalam berkendara agar kamu dapat mengurangi kecepatan selama di jalan.

2. Blok Mesin
Lumpur yang mengenai bagian mesin juga bisa membuatnya bekerja kurang optimal. Hal ini dikarenakan, mesin harus melepaskan panas dari dalam. 

Jika bagian mesin terkena cipratan lumpur atau bahkan nyaris tertutup seluruhnya, tentu pelepasan panas ini tidak akan normal dan dapat menghambat kinerja motor.

3. Gir dan Rantai
Motor yang sering kehujanan memiliki peluang lebih besar mengalami kerusakan pada bagian rantai dan girnya .

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine