Beranda / Berita / Bedanya Aki Kering Dan Basah

Bedanya Antara Aki Kering Dan Aki Basah, Mana yang Bagus

Tanggal : , Penulis : Admin

Bedanya Antara Aki Kering Dan Aki Basah, Mana yang Bagus

Aki yang digunakan pada kendaraan bermotor di Indonesia umumnya ada dua jenis yakni aki kering dan basah.

Perbedaan aki basah ataupun aki kering memang menjadi hal yang sangat penting urusannya dalam sebuah kendaraan bermotor. 

Pasalnya Akumulator, Accu atau orang Indonesia bilang aki ini merupakan piranti di kendaraan yang berfungsi menyimpan energi listrik.

Aki kering dan basah tetap menggunakan cairan elektroda atau disebut air aki. Namun, pada jenis aki kering, cairannya lebih padat dan berbentuk gel. 

Aki basah biasanya membutuhkan perawatan rutin. Berbeda dengan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau maintenance free (MF).

Harga aki kering biasanya relatif lebih mahal dibanding aki basah. Aki kering merupakan pengembangan dari aki basah, kelebihannya minim perawatan, namun konsekuensi harganya lebih mahal.

Untuk iklim tropis dengan temperatur udara cenderung panas seperti Indonesia, ditambah kondisi bersuhu tinggi di ruang mesin, membuat air aki lebih cepat menguap seiring pemakaian.

Pada aki kering, cairan tetap menguap, namun sirkulasinya tidak banyak bocor ke luar. Di lain sisi, penguapan pada aki basah bisa diantisipasi dengan mengisi air aki yang hilang.

Normalnya, wadah aki basah adalah transparan dan tersedia garis penanda batas maksimum dan minimum air aki. Tanda ini menjadi patokan apakah cairan elektrolit perlu diisi ulang atau tidak.

Biasanya pengecekan ini dilakukan tiap dua bulan sekali. Jika lama tidak diperiksa dan diisi ulang, sel aki yang tidak terendam cairan bisa mengalami korosi. Mengakibatkan sel aki cepat rusak.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine