Beranda / Berita / Cara Cek Oli Mesin Motor Tanpa Ke Bengkel

Begini Cara Cek Oli Mesin Motor, Simple Banget, Bisa dilakukan Sendiri

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Begini Cara Cek Oli Mesin Motor, Simple Banget, Bisa dilakukan Sendiri

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengetahui keadaan oli apakah masih bisa dan cukup digunakan atau tidak, adalah dengan melihat permukaannya.

Oleh karena itu, posisi permukaan oli juga harus rata, dan syaratnya adalah posisi motor juga harus dalam keadaan sejajar.

Memarkir motor dengan standar samping, akan menyebabkan posisi motor tidak tegak dan sejajar. Apabila motor berada pada posisi tersebut, maka secara otomatis permukaan oli di dalam mesin juga tidak rata atau miring.

Dinginkan Dahulu Mesin 

Melakukan pengecekan terhadap oli motor akan memberikan hasil yang akurat apabila mesin motor dalam keadaan dingin. Oleh karena itu sebelum melakukan pengecekan terhadap oli motor, sebaiknya kondisi mesin motor dalam keadaan dingin.

Pengecekan terhadap oli motor bisa mendapatkan hasil yang akurat dengan melihat permukaan oli motor.

Apabila permukaan oli berada di atas garis batas, artinya oli masih cukup untuk digunakan. Sebaliknya, apabila permukaan oli berada di bawah garis, maka volume oli harus segera ditambah.

Pada saat mesin motor bekerja, biasanya oli langsung bekerja dengan membasahi seluruh bagian dari mesin motor.

Pada saat ini, otomatis posisi oli menyebar di seluruh bagian mesin, sehingga tidak bisa diketahui seberapa tinggi permukaan oli yang sebenarnya.

Buka Tutup Oli

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine