Beranda / Berita / Federal Gear Oil

Berapa Jarak Maksimal Untuk Mengganti Oli Gardan Sepeda Motor Matic?

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Berapa Jarak Maksimal Untuk Mengganti Oli Gardan Sepeda Motor Matic?

Federal Oil - Belakangan ini ramai di sosial media, mengenai edukasi jarak aman dalam penggantian komponen sepeda motor bagi para pengendara.

Diantaranya adalah penggantian oli mesin dan oli gardan atau gear oil yang ternyata kedua pelumas tersebut sama-sama penting untuk sepeda motor jenis skutik.

Oli gardan atau gear oil memiliki fungsi untuk melindungi komponen transmisi dan melancanrakan kinerja transmisi otomatis.

Sedangkan oli mesin berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan.

Mengingat oli gardan atau gear oil fungsinya sangat penting bagi motor matic, maka pemilik motor harus rutin mengganti oli gardan secara berkala sesuai dengan yang sudah dianjurkan oleh mekanik atau pabrikan motor.

Biasanya ukuran waktu penggantian gear oil sudah ada di dalam buku panduan pemilik kendaraan, oleh sebab itu Feders harus rutin cek dan melakukan perawatan motor.

Jika Feders sering mengabaikan penggantian oli gardan, maka akan mengakibatkan timbulnya bunyi pada box transmisi dan bisa jadi motor macet atau tidak bisa jalan.

Lalu kapan waktu ideal untuk mengganti oli transmisi atau oli gardan?

Menurut Pak Nurudin, selaku juri di ajang Mechanic Contest Federal Oil™, waktu untuk penggantian adalah per-tiga kali ganti oli mesin harus diikuti dengan penggantian oli gardan atau gear oil.

"Bisa juga setiap 8.000 km atau pemakaian motor mencapai 3 bulan (dengan pemakaian motor normal dan tidak kemasukan air ke area mesin)." lanjutnya

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine