Beranda / Berita / Aki Yang Sudah Soak

Cara Ketahui Ciri Aki yang Sudah Mulai Soak, Cek Bagian ini

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Cara Ketahui Ciri Aki yang Sudah Mulai Soak, Cek Bagian ini

Secara umum, aki motor menggunakan air sehingga untuk pemakaian jangka panjang bisa kering.

Dalam hal ini, selain harus mengerti cara memperbaiki aki kering yang soak, pemilik kendaraan juga harus tau ciri-cirinya. Dengan demikian, kamu bisa langsung memperbaikinya jika masalah ini terjadi.

Kebanyakan pemilik motor tidak memperhatikan aki kendaraanya karena letaknya yang ada di dalam mesin dan tidak terlihat secara langsung. 

Padahal, kondisi seperti ini sudah sepatutnya semakin diperhatikan supaya tidak terjadi mogok atau kerusakan tiba-tiba pada kendaraan.

Dalam hal ini, kondisi paling umum bagi kendaraan yang akinya sudah soak adalah sulit dinyalakan. Kendaraan yang kekurangan aki akan mogok dan cenderung tersendat-sendat saat dihidupkan.

Ciri berikutnya dari aki yang mengalami kekeringan adalah peforma klakson yang tidak lagi maksimal. Kebanyakan aki soak menyebabkan suara klakson melemah tidak sekuat biasanya dan semakin berat. 

Suara klakson lemah ini dapat membahayakan pengendara bila terus diabaikan.

Kondisi lain yang perlu diperhatikan selain klakson lemah adalah lampu yang meredup. Kedua hal tersebut akan berakibat fatal apabila terus diabaikan karena akinya yang soak. 

Ciri lain kekeringan aki adalah bodi utama mesin tempat aki bertengger menjadi lebih gemuk atau menggelembung.

Artikel Lainnya

Alex Marquez & Fabio Di
24 September 2023

Alex Marquez & Fabio Di

x Check if your product is genuine