Beranda / Berita / Cara Melakukan Pengereman Di Jalan Basah

Cara Melakukan Pengereman di Jalan yang Basah Supaya Tidak Terjatuh

Tanggal : , Penulis : Admin

Cara Melakukan Pengereman di Jalan yang Basah Supaya Tidak Terjatuh

Jika salah dalam melakukan pengereman saat di jalan yang basah bisa berakibat fatal bisa terjatuh.

Oleh karena itu, ada teknik sendiri cara melakukan pengereman di jalan basah, berikut tipsnya supaya kamu tidak jatuh.

1. Tarik tuas rem menggunakan 4 jari

Dengan menggunakan ke-empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan, Anda bisa lebih maksimal dalam menghentikan laju kendaraan. Terlebih ketika melewati jalanan yang licin, jika rem motor tidak bekerja secara maksimal risiko seperti terpeleset bisa terjadi pada Anda. Maka dari itu, teknik pengereman yang satu ini perlu Anda ketahui agar terhindar dari risiko buruk tersebut.

2. Jangan tahan gas
Kalau kamu menghentikan laju kendaraan di tengah hujan atau jalanan yang basah dan licin. Maka perlu juga untuk melepaskan handle gas motor. Tujuannya agar kendaraan Anda dapat berhenti lebih cepat. 

Karena tentu saja percuma jika kamu melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor. Jika demikian, proses pengereman pun tidak akan terjadi secara optimal.

3. Pegang Stang Motor dengan Erat dan Kuat

Saat berkendara motor di tengah hujan, Anda juga harus memegang stang kendaraan dengan kuat. Hal ini untuk mengantisipasi misal ban motor Anda mengalami selip di tengah jalan, sehingga Anda pun masih bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan tubuh Anda.

4. Kurangi Kecepatan Secara Bertahap

Untuk menghindari terjadinya ban selip, Anda juga bisa melakukan pengereman secara bertahap. Tentunya dengan memperhatikan kondisi jalanan yang dilewati, ya. Jika jalanan sedang sepi, Anda tentu lebih leluasa untuk melakukan pengereman bertahap ini. Namun jika jalanan padat, ramai bahkan hingga macet, Anda bisa menurunkan kecepatan dan berkendara dengan lebih pelan.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine