Beranda / Berita / Aki Soak

Cara Mengisi Daya Aki Kering Yang Sudah Lemah, Ternyata Mudah! Ini Kata Mekanik Spesialis Aki

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Cara Mengisi Daya Aki Kering Yang Sudah Lemah, Ternyata Mudah! Ini Kata Mekanik Spesialis Aki

Federal Oil - Aki sepeda motor menjadi sebuah komponen yang penting bagi kendaraan modern saat ini, karena sekarang motor banyak yang menggunakan starter elektrik tanpa adanya kick starter.

Begitupun dengan aki, meskipun saat ini telah banyak variannya, namun yang lumrah digunakan adalah aki kering atau aki MF.

Namun, meskipun bernama MF atau Maintain Free, aki tetap harus dirawat lho Feders, apalagi jika aki sampai soak maka akan sulit untuk menggunakan sepeda motor kita.

Sidartha, mekanik dari Sinar Priangan 2 yang khusus menangani aki kendaraan berkata, bahwa aki kering ternyata masih bisa dirawat dan dihidupkan jika dayanya sudah melemah.

"Kurang lebih caranya sama dengan aki basah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni tegangan dan peralatan yang digunakan" katanya.

Untuk mengisi daya aki kering, Sidartha mengatakan bahwa alat yang digunakan cukup mudah, yakni kabel jumper serta charger transformer.

"Keduanya merupakan peralatan wajib jika ingin mengisi daya aki kering yang sudah melemah, kurang lebih sama dengan yang lain" lanjutnya.

Perlu diketahui juga bahwa pemakaian alat-alat ini harus dengan hati-hai dan konsentrasi penuh supaya tidak terjadi korsleting.

Charger transformer ini memiliki cara kerja yang mirip dengan adaptor smartphone, ada indikator besaran tegangan yang dimiliki serta berapa tegangan yang masuk.

"Untuk besaran tegangan juga harus diperhatikan, karena jika terlalu besar aki kering bisa jebol dan tidak dapat digunakan kembali." tutup Sidartha.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine