Beranda / Berita / Tips Motor

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Motor Tidak Terbakar Saat Digunakan

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Motor Tidak Terbakar Saat Digunakan

Bahan bakar yang bocor atau meluber memiliki kemungkinan terkena percikan api dari sistem pengapian. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya motor terbakar saat dikendarai.

Seringkali dugaan awal saat sebuah kendaraan terbakar dikarenakan adanya kebocoran pada bahan bakar yang di sebabkan tangki motor yang tidak tertutup dengan baik ataupun lewat selang bahan bakar yang bocor.

Disisi lain saat melakukan perawatan berkala setiap 4000 km, harus dipastikan kondisi saluran/selang bahan bakar dalam kondisi yang baik.

Pemeriksaan harus dilakukan oleh mekanik yang memiliki kompetensi yang baik, karena bisa jadi saat pemeriksaan (misalnya pemeriksaan tekanan bahan bakar) harus dilakukan penggaian part tertentu.

Di bagian tutup bahan bakarpun terdapat karet perapat dan system pernapasan (lubang kecil di tutup tangka), harus terpasang dengan baik dan bebas dari benda lain, agar tidak terjadi kendala selama berkendara, misalnya brebet saat dikendarai.

3. Oli yang bocor

Lakukan pengecekan kondisi seluruh bagian motor sebelum berkendara,  oli mesin serta ketinggian oli di deepstik/batang pemeriksaan oli mesin.

Perhatikan apakah ada kebocoran atau tidak. Salah satu fungsi oli adalah sebagai pendingin/menyebarkan panas mesin.

Kurangnya jumlah oli dapat mengakibatkan naiknya temperature mesin diatas temperature normalnya. Apabila ditemukan oli yang merembes, segera ganti komponen tersebut. Karena oli yang bocor dapat berbahaya jika dibiarkan.

Oli berperan penting dalam mesin kendaraan, diantaranya menjaga temperature atau pendingin mesin, oli yang bocor dapat mengakibatkan kerusakan yang parah pada mesin motor.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine