Beranda / Berita / Motor Lama Tidak Dipakai Apa Harus Ganti Oli

Jika Motor Lama Tidak dipakai, Apakah Harus Ganti Oli Mesin, Berikut ini Informasinya

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Jika Motor Lama Tidak dipakai, Apakah Harus Ganti Oli Mesin, Berikut ini Informasinya

Menurut pengawas bengkel Dunia Sepeda Motor (DSM) Pasar Minggu, Tejo Tritanto, motor yang lama tidak dipakai sebaiknya tetap ganti oli mesin.

"Penggantian oli dimaksudkan untuk memberikan pelumasan sempurna pada komponen mesin, oli yang lama tidak digunakan dan mengendap didalam mesin tentu memiliki struktur yang berbeda, belum lagi dengan tidak dihidupkannya mesin motor terjadi banyak proses di dalam mesin." kata Tejo.

Misalnya saja adanya embun yang terbentuk di dalam mesin karena kondisi cuaca yang dingin akibat motor tidak pernah dipanaskan, embun tadi akan mempengaruhi kinerja oli.

Baca Juga: Beli Federal Oil Pasti Asli Hanya di Toko Online Resmi, Ini Link Official Storenya

Tejo menyarankan, pada saat akan menhidupkan motor yang lama tidak dipakai,  jangan langsung dinyalakan.

Langkah pertama dalam posisi kontak ‘off’ motor di selah atau di engkol menggunakan kick stater selama beberapa kali, tujuannya supaya oli yang mengendap di dasar crankcase bersirkulasi lagi ke semua bagian mesin, sekaligus menyapu embun pada beberapa bagian. 

Setelah itu barulah oli mesin dibuang atau dikuras, sebelumnya jangan lupa Feders siapkan oli penggantinya, tentu Federal Oil yang memiliki spesifikasi untuk semua jenis motor yang beredar di Nusantara.

Baca Juga: Masih Ada Waktu, Yuk Buruan Ikutan Federal Oil Sobek Berhadiah 2022

Setelah oli baru masuk ke ruang mesin, cek juga bagian lainnya seperti kelistrikan, sistem bahan bakar, dan juga kondisi angina dalam ban. Pastikan semuanya dalam kondisi yang prima. 

Setelah mesin hidup, jangan langsung dipakai jalan, biarkan selama 3 menit untuk memberikan kesempatan mesin bekerja pada suhu ideal.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine