Kamu Harus tahu, Inilah Fungsi Busi Pada Sepeda Motor
Feders-Busi motor merupakan salah satu komponen penting dalam sistem perapian motor. Busi ternyata berasal dari bahasa Belanda yaitu bougie yang memiliki arti suku cadang yang dipasangkan pada mesin pembakaran di ujung elektroda ruang pembakaran.
Banyak orang yang belum tahu tentang cara kerja busi, sehingga ketika busi motor mengalami kerusakan banyak juga dari pengendara tersebut tidak langsung melakukan penanganan pada busi motor.
Busi motor memang salah satu komponen yang penting pada motor, jika busi mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan sistem perapian tidak akan bekerja secara sempurna.
Busi juga memiliki resiko kerusakan yang tinggi, jadi kamu harus selalu merawat kondisi busi agar berfungsi pada semestinya.
Fungsi Busi
Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Bagi kamu yang belum terlalu paham dengan fungsi busi motor.
Terminal
Fungsi busi motor yang pertama adalah terminal. Terminal terbuat dari bahan bahan besi. Komponen ini terletak pada bagian pucuk busi yang busi dengan ignition. Komponen ini terhubung dengan kabel yang bertegangan tinggi yang mengalirkan listrik dari koil.
Insulator
Saat ini hampir semua busi yang ada dipasaran memakai material keramik sebagai bahan dari insulator. Fungsi dari insulator ini adalah untuk memindahkan panas menuju ke kepala silinder. Bagian ini terbuat dari keramik.
Bagian ini berfungsi untuk membuat batang terminal dan elektroda tengah di cangkang besi menjadi terisolasi. Sehingga arus tinggi dari elektroda tidak akan keluar.
Ribs
Berfungsi untuk mencegah arus listrik jadi merambat keluar komponen mesin yang bisa sebagai massa (negative). Bentuk Ribs menggelombang atau memiliki lekuk yang bisa membuat jarak dari elektroda inti dan ground semakin jauh. Jika jarak semakin jauh maka hambatan inti besi dan ground akan makin besar.
Insulator Tip
Bagian ini akan mengalami pembakaran pada ruang bakar sehingga membutuhkan material yang tahan temperatur tinggi.
Bagian ini juga bagian paling ujung di insulator yang bisa menahan temperature 650 derajat dan menahan tegangan 60.000 volt.
Gasket
Bagian ini berfungsi sebagai penutup agar tidak terjadi kompresi di ruang bakar sehingga tidak mengalir keluar.
Metal Case
Bagian ini berfungsi sebagai penghantar daya panas sebagai material konduksi yang bisa dikonduksikan ke komponen lain. Lalu, fungsi lainnya adalah sebagai pengunci busi ke silinder head.
Inti Elektroda
Sebagai inti elektroda, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dan akan terhubung ke terminal.
Bagian ini terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam-logam lainnya. Tapi tembaga adalah yang paling umum digunakan.
Ground
Bagian ini terletak di ujung busi motor yang langsung bersentuhan dengan body atau ground motor. Arus listrik akan berpindah ke inti elektroda berkat bagian ini. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.
Cara kerja busi adalah ketika busi motor terhubung ke tegangan dimana besarnya dari tegangan ini adalah ribuan volt yang dihasilkan dari ignition coil.
Tegangan inilah yang nantinya menghasilkan tegangan listrik yang beda tegangan dengan elektroda pada bagian tengah busi dengan bagian samping busi. Terkadang busi tidak bisa bekerja dengan maksimal ketika terjadi "banjir" pada celah isolator busi.
Saat terjadi perbedaan tegangan yang melebihi kekuatan elektrik gas, maka gas akan ikut ber ionisasi sehingga yang pada awalnya bersifat sebagai isolator kini akan berubah menjadi konduktor.
Sehingga arus elektron nanti akan mengalir dan juga meningkatkan suhu ada celah percikan busi, suhu inilah yang nantinya mampu mencapai lebih dari 60K.
Tinggi dari suhu yang dihasilkan pada busi motor membuat gas yang tadinya telah terionisasi akan memuai lebih cepat serta memunculkan ledakan kecil pada antara masing-masing elektroda busi. Percikan api busi inilah yang memiliki prinsip sama seperti pada petir atau halilintar.
Artikel Lainnya

Makin Irit, Makin Nyaman Di Tengah

Ingin Cek Keaslian Produk Federal Oil

Federal Matic 30 Hadir Dengan Teknologi

Kebiasaan Ini Bisa Buat Kampas Rem

Apakah Benar, Ngebut Bisa Bikin Boros

Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi
1_250_150.jpeg)