Beranda / Berita / Cara Mengetahui Kerusakan Motor

Mau Tahu Cara Deteksi Kerusakan Motor Hanya Dari Suara ? Simak Informasinya Berikut ini

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Mau Tahu Cara Deteksi Kerusakan Motor Hanya Dari Suara ? Simak Informasinya Berikut ini

2. Ada Suara tok-tok pada rantai
Biasanya jika rantai sudah mulai kendur, akan ada suara yang ditimbulkan, suara yang muncul dikarena sudah ada bagian yang renggang.

Selain itu bisa juga muncul bunyi seperti dengungan karena rantai terlalu kencang.bahkan ada suara seperti benda yang saling bergesekan hal tersebut karena kondisi gear dan rantai yang sudah tak layak pakai.

3.Suara tek-tek pada tensioner rantai sentrik
Suara ini timbul bisa disebabkan karena kekencangan rantai yang berubah-ubah sehingga membuat kondisi putaran mesin berpengaruh.

Hal ini juga akan sangat mengganggu karena suara tek-teknya. Solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan menggantinya dengan tensioner yang baru.

4.Suara ketukan agak berat pada piston
Biasanya, suara ketukan di ruang bakar tidak akan terdengar. Bahkan, sekali pun piston mulai agak oblak, suaranya juga sangat pelan dan tidak terdengar.

Namun jika suara ketukan dalam piston sudah mulai agak berat, kamu harus mengganti piston motor kamu supaya tidak lebih parah kerusakannya.

5.Suara gretek pada stang seher
Munculnya suara gretek pada putaran bawah hingga menengah dan berangsur hilang ketika di putaran atas perlu diwaspadai.

Hal ini bisa disebabkan karena kaki atau stang piston berbenturan dengan dinding silinder pada saat titik mati bawah.

6.Suara Dengung ketika motor dinyalakan
Biasanya dengungan saat menghidupkan mesin disebabkan oleh batang piston yang mulai melintir karena pin piston tidak pas di dalam rumahan.

Nah, jika situasinya memburuk, suaranya pasti akan menjadi lebih keras. Dalam hal ini, segera bawa sepeda motor Anda ke bengkel. 

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine