Beranda / Berita / Triple Comfort Formula

Pentingnya Melihat Label Oli Mesin Sebelum Digunakan

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Pentingnya Melihat Label Oli Mesin Sebelum Digunakan

Biasanya, standar kualitas oli mesin dikeluarkan oleh API (American Petroleum Institute) yang menetapkan standar kualitas untuk pelumas mesin berdasarkan tingkat kekentalan SAE.

Standarisasi API juga biasanya dibagi menjadi 2 kode, yakni huruf “S” yang merupakan kode untuk oli bensin dan kode huruf “J, L, N” dibelakangnya sebagai standar kualitas oli tersebut.

Misalnya, oli yang memiliki kode API SL akan jauh lebih baik dibandingkan oli yang memiliki API SJ.

Ketiga, lihat peruntukan oli tersebut.

Biasanya, oli sepeda motor akan ditentukan oleh JASO (Japanese Automotive Society Organization) sebagai standarisasinya.

Kode JASO ini juga biasanya dibagi menjadi beberapa kode, namun saat ini rata-rata produsen oli membaginya menjadi JASO MA dan JASO MB.

JASO MA merupakan oli yang digunakan untuk sepeda motor dengan kopling basah, atau untuk motor-motor manual.

Sedangkan kode JASO MB biasanya diperuntukkan untuk motor-motor dengan kopling kering seperti motor matic dimana adanya perbedaan kandungan didalamnya.

Feders harus membaca dengan cermat kode-kode yang ada tersebut sebelum menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor yang digunakan.

Dengan menggunakan oli yang tepat, motor yang digunakan akan terjaga dan makin nyaman, terlebih jika Feders menggunakan oli yang berkualitas seperti produk-produk Federal Oil™ yang diperuntukkan untuk motor harian, seperti merek-merek motor keluaran Jepang.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine