Beranda / Berita / Kenapa Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Kamu Cepat Panas Padahal Rutin Servis

Tanggal : , Penulis : Admin

Penyebab Mesin Motor Kamu Cepat Panas Padahal Rutin Servis

Perlu dilakukan pemeriksaan pada pendingin udara atau radiator, cek volume airnya dan lakukan pembersihan serta mengganri cairan yang baru.

Kipas Pendingin rusak
Ada beberapa motor yang menggunakan pendingin radiator dan dilengkapi cooling fan. Letak cooling fan ini ada dibelakang radiator dengan ukuran yang kecil dan digerakan oleh energi listrik. Kipas ini, akan berputar hanya ketika suhu mesin mulai melebihi batas normalnya.

Sehingga, ketika mesin baru dihidupkan kipas tidak akan menyala. Tapi ketika kipas ini tidak berputar maka mesin bisa berpotensi mengalami overheat, khususnya jika mesin bekerja pada kondisi yang memberatkan.

Baca Juga: Federal Y-Matic Rekomendasi Untuk Motor Matik Yamaha dan Suzuki

Sering Membawa Beban Berat
Penyebab mesin cepat panas juga kadang terjadi ketika motor bekerja cukup keras contohnya ketika mengendarai motor di tanjakan.

Banyak mesin yang tiba-tiba ngebul dan mati mendadak. Ini bukan tanpa alasan, saat motor menanjak maka beban piston untuk bergerak naik turun akan semakin besar.

Hal itu membuat penurunan RPM mesin meski katup gas kita buka pada posisi yang sama. Ini membuat panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran mesin lebih banyak terlepas kearah blok mesin karena perubahan energi itu seolah terbebani.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Motor Sport, Federal Super Racing Pilihannya

Mesin Bekerja Dalam Waktu Yang Lama
Kondisi lalu lintas yang macet ditambah jarak tempuh mencapai ratusan kilo membuat kinerja mesin jadi lebih ekstra.

Solusi supaya mesin motor tidak cepat panas, jangan malas melakukan perawatan rutin terutama mengganti oli mesin.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine