Perawatan Lampu LED Sepeda Motor, Simpel Tapi Bikin Awet

Tanggal : 25 Januari 2023 , Penulis : Tim Konten

 

Federal Oil - Saat ini, lampu motor merupakan salah satu komponen yang paling penting saat berkendara baik di siang maupun malam hari.

Saat siang hari, lampu motor bisa menjadi "tanda" kita agar terlihat bagi kendaraan lain, sedangkan pada malam hari lampu motor menjadi sumber penerangan utama agar kita tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Lampu motor pun mendapat banyak teknologi terbaru, jika dahulu masih berbentuk bohlam, kini lampu motor sudah banyak yang menggunakan LED sebagai sumber utama penerangannya.

Lampu LED juga sinarnya lebih terang dibandingkan bohlam konvensional, dan konsumsi listriknya juga lebih rendah serta perawatannya cenderung lebih mudah.

Ocky, pemilik bengkel variasi khusus lampu Jaya Lighting Custom mengatakan meskipun LED lebih mudah dalam hal perawatan namun juga jangan sampai terlupa untuk selalu dilakukan pengecekan rutin.

"Karena kalau dibiarkan saja, LED bisa cepat putus atau rusak, jika sudah rusak maka harus diganti secara keseluruhan" lanjutnya.

Berikut cara perawatan lampu LED agar tidak mudah rusak:

1. Selalu cek secara berkala, agar daya dan kelistrikan berjalan normal dan agar tidak overheat saat digunakan sehingga lampu lebih awet

2. Bersihkan sekitaran lampu, karena jika ada kotoran dan air maka lampu LED akan dapat mengalami kerusakan kedepannya

3. Cek titik lampu, agar bisa diketahui jika ada lampu LED yang rusak atau konslet sehingga bisa dicegah kerusakan saat digunakan

4. Jangan bongkar sisi kelistrikan LED sendiri, karena jika tidak memiliki kemampuan yang cukup bisa malah merusak bagian kelistrikan dan bisa menyebabkan korsleting.

"Perawatan yang baik juga bisa membuat motor lebih awet dan bisa buat nyaman saat berkendara. Apalagi lampu juga berpengaruh untuk keamanan berkendara saat malam, jadi jangan sembarangan untuk mengubahnya" tutup Ocky

(federaloil.co.id)

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk