Perbedaan Fungsi dan Warna Setiap Lampu di Sepeda Motor
Federal Oil - Lampu motor berperan penting dalam keselamatan berkendara, terutama saat malam hari.
Letak dan fungsinya di motor kesayangan Feders pun berbeda-beda antara satu dengan lainnya.
Misalnya, ada lampu depan alias headlamp, lampu sein, lampu rem, hingga lampu jauh.
Bahkan, ada juga lampu plat nomor dan lampu speedometer sebagai panel instrument.
Masing-masing fungsi lampu pada motor tersebut, penting bagi Feders untuk memahami jenis lampu pada kendaraan kesayangan.
Jadi kalau sewaktu-waktu harus membelinya, Feders tidak akan salah pilih.
Sehingga kita sebagai pengendara motor setidaknya harus mengetahui perbedaan tersebut, untuk membantu kita apabila lampu motor pada sepeda motor kita bermasalah.
Berikut ini jenis Lampu Motor Berdasarkan Fungsi:
Perlu kita ketahui sepeda motor kita dilengkapi dengan lampu dengan fungsi yang berbeda beda, seperti lampu depan, lampu sein, lampu jauh, serta lampu untuk speedometer. Berikut penjelasan secara singkat mengenai lampu tersebut.
Lampu Depan
Lampu depan atau biasa disebut dengan headlamp pada motor ini memiliki fungsi sebagai penerangan utama ketika kita mengendarai sepeda motor.
Headlamp ini memiliki soket tipe M4/H6 dengan 2 kaki untuk motor matic maupun bebek.
Namun ada beberapa sepeda motor bebek ataupun matic dengan 3 soket kaki seperti motor sport. Sementara itu, headlamp motor sport menggunakan tipe soket HS1/H4/H7.
Lampu Sein
Lampu sein yang terletak di samping kiri dan kanan dari lampu utama serta lampu rem.
Memiliki fungsi untuk memberitahu pengendara lain bahwa kita ingin belok.
Biasanya lampu sein untuk motor bebek, matic maupun sport ini memiliki soket tipe T10.
Lampu sein ini menjadi lampu yang sangat diperlukan karena akan membantu kita ketika ingin berbelok, selain itu lampu sein ini juga dikenal sebagai lampu model tancap, namun ada juga yang menggunakan soket bayonet kaki satu.
Lampu Rem
Lampu rem juga memiliki fungsi sebagai lampu senja yang menyala lebih terang ketika kita menekan tuas rem.
Selain itu lampu ini juga memberikan info ke pengendara di belakang kalian bahwa kalian mengerem.
Lampu ini menggunakan soket yang umum digunakan mempunyai tipe bayonet kaki dua atau S25.
Meski demikian, beberapa motor yang memiliki lampu rem kombinasi biasanya memakai soket tipe T10.
Lampu Jauh
Biasanya kita menggunakan lampu jauh ketika di malam hari dan biasanya saat keadaan sepi karena apabila digunakan saat keadaan ramai maka akan mengganggu pengendara lain yang berlawanan arah dari kita.
Untuk lampu jauh ini biasanya soket yang dipakai adalah mode tancap T10.
Lampu Speedometer
Terakhir, yaitu lampu speedometer atau lampu panel instrumen pada sepeda motor kita. Lampu ini biasanya menggunakan lampu soket tancap, yaitu tipe T5 dan T10.
(federaloil.co.id)