Beranda / Berita / Jalanan Berlubang

Sering Lewat Jalan Berlubang? Selalu Cek Komponen Ini Agar Tetap Aman

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Sering Lewat Jalan Berlubang? Selalu Cek Komponen Ini Agar Tetap Aman

Bearing merupakan komponen sepeda motor yang menerima beban dari putaran ban dan meminimalisir gesekan yang terjadi antara tromol dan as roda.

Jika roda terlalu sering terbentur ketika melewati jalan berlubang, maka beban yang ditanggung oleh bearing akan semakin berat dan akan membuat bearing atau laher roda cepat aus.

Kondisi ini akan membuat putaran roda tidak stabil dan membahayakan keselamatan pengendara motor itu sendiri.

Suspensi

Suspensi merupakan komponen sepeda motor yang memang dirancang untuk mengurangi hentakan atau kejutan secara tiba-tiba yang terjadi pada sepeda motor.

Akan tetapi, jika sepeda motor sering mengalami hentakan yang sangat keras akibat jalan berlubang, maka akan berakibat buruk pada suspensi.

Karet sil akan berpotensi bocor dan membuat oli suspensi bocor. Selain itu, as suspensi bisa menjadi bengkok. Kondisi ini yang sering kita sebut sebagai shockbreaker sudah mati.

Komstir

Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti bearing atau laher pada roda, ketika sepeda motor sering menghajar jalan berlubang, komstir juga berpeluang menjadi aus.

Kondisi ini pun akan membuat stabilitas stang terganggu, bagian stang akan bergetar dan bisa mengganggu performa mengendarai pengendara. Bahkan, ekstremnya bisa berbahaya bagi pengendara itu sendiri.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine