Beranda / Berita / Bahaya Microsleep

Teror Microsleep Untuk Pengendara Motor, Begini Cara Menghindarinya

Tanggal : , Penulis : Admin

 Teror Microsleep Untuk Pengendara Motor, Begini Cara Menghindarinya

Selain faktor kelelahan, microsleep akan menyerang ketika pemotor dilanda kebosanan. Untuk mengusir kebosanan, pemotor bisa memutar lagu melalui handphone atau pemutar musik lainnya. 

Mendengarkan lagu, bisa mengalihkan perhatian karena otak akan memproses suara yang terdengar, sehingga rasa bosan bisa dihilangkan. Tentunya saat mendengarkan lagu tersebut ketika sedang beristirahat.

Konsentrasi saat gejala microsleep muncul akan terpecah, sehingga kita tidak begitu awas dengan kondisi sekitar. Untuk menyiasati nya, jika pengendara motor menggunakan helm full face, buka kaca helm anda. 
Kemudian biarkan udara menerpa wajah. Angin yang menghantam wajah, akan mengembalikan konsentrasi pemotor, dan juga mengusir kantuk yang ada.

Pengendara juga bisa memperbanyak minum air putih saat dalam perjalanan. Konsentrasi bisa hilang dan rasa ngantuk datang, karena tubuh mengalami dehidrasi. 

Saat lama dalam mengemudi, membuat peredaran darah tidak lancar, hal inilah juga menjadi penyebab rasa kantuk datang. Selain minum air putih, anda bisa berhenti sejenak untuk melakukan stretching atau senam kecil.(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine