Beranda / Berita / Cara Aman Mengendarai Motor Gede

Tips Supaya Aman Mengendarai Motor Gede, Simak Triknya Berikut Ini

Tanggal : , Penulis : Admin

Tips Supaya Aman Mengendarai Motor Gede, Simak Triknya Berikut Ini

Berdasarkan panduan safety riding, setidaknya terdapat 7 bagian tubuh yang harus diperhatikan pada saat berkendara. Meliputi jari jemari, bahu, siku, pandangan mata, lutut, pinggul hingga ke bagian kaki.

Dalam prakteknya, Anda disarankan untuk tetap duduk mengendarai motor dengan posisi tubuh yang tegap. Hindari posisi membungkuk karena akan membuat Anda lebih cepat lelah dan pegal. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan bagian lutut pada tangki bensin untuk mengurangi rasa cape selama berkendara di jalan raya.

3. Perhatikan komponen gas dan rem motor

Anda juga diharuskan mengetahui seberapa besar tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Sebagai contoh awal, Anda bisa mengendarai motor tersebut dengan menarik gas secara perlahan. Untuk berlatih mengendarai motor ber-CC besar ini sebaiknya gunakan jalanan yang sepi dan jarang terdapat anak kecil untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, setelah Anda mengenali kinerja gas motor tersebut, Anda juga harus mengetahui bagaimana kinerja remnya. Apakah sudah cukup responsif atau malah sebaliknya?

Nah, dengan mengenali penggunaan rem ini juga akan membuat Anda mengetahui waktu yang tepat untuk menghentikan motor tersebut saat berkendara di jalan raya. Karena seperti yang kita tahu, penggunaan rem tidak disarankan secara dadakan.

4. Berlatih mengendarai motor di belokan dan jalanan yang sempit

Bobot motor ber-CC besar tentu lebih berat jika dibandingkan dengan motor matic atau motor bebek pada umumnya. Hal ini membuat Anda harus bisa mengontrol motor tersebut agar tidak jatuh sewaktu-waktu, terutama saat Anda akan berbelok di sebuah tikungan. Pastikan Anda kuat dan bisa menahan berat motor tersebut dengan baik.

Kemudian, jalanan sempit juga menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengendara motor ber-CC besar. Karena bodinya yang jumbo membuat motor ini akan mengalami kesulitan jika dihadapkan pada jalanan yang tidak terlalu luas. Tak terkecuali saat Anda akan memarkirkan motor di mall yang seluruh lahannya sudah hampir penuh digunakan.

Dalam posisi seperti ini, Anda dituntut untuk benar-benar bisa mengendalikan motor tersebut sepenuhnya.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine