Beranda
Berita
Produk
Tim Federal Oil - Gresini
Tentang Kami
Hubungi Kami
Beranda / Berita / Tekanan

Tekanan Ban MotoGP, Ternyata Hampir Sama Dengan Ban Motor Harian

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Tekanan Ban MotoGP, Ternyata Hampir Sama Dengan Ban Motor Harian

 

Federal Oil - Bagi para penggemar MotoGP, pastinya sudah mengetahui salah satu kontroversi yang terjadi pada balapan Sprint Race GP Jerez beberapa waktu lalu.

Pembalap asal Perancis, yakni Fabio Quartararo mendapatkan penalti karena tekanan ban nya dinilai tidak sesuai, padahal dia sudah berada di podium ketiga.

Memangnya, berapa sih tekanan angin ban motor Marc Marquez dan Alex Marquez di gelaran MotoGP?

Dilansir dari Gridoto, angka tekanan angin ban yang dipakai ternyata turun dari tahun lalu.

Fungsi tekanan angin pada balapan motor prototipe ini juga ternyata cukup penting yakni agar menjaga traksi ban tetap maksimal saat balapan berlangsung.

Michelin sebagai supplier tunggal ban MotoGP, memberikan data soal tekanan angin untuk gelaran MotoGP 2024,.

Sebelumnya, tekanan angin ban depan MotoGP mode slick, minimal 1.88 bar, sedangkan sekarang, ban depan slick saat balapan minimal punya tekanan ban 1.80 bar.

Jika dikonversi ke Pound per Square Inch atau PSI, berarti tekanan angin ban depannya 26.1068 PSI.

Untuk ban belakang, minimal tekanan angin bannya 1,68 bar atau 24.36634 PSI.

Penyesuaian ini mengikuti keinginan tim dan pembalap, karena tekanan angin ban bisa naik drastis saat balapan.

Saat balapan di sirkuit, ban MotoGP harus bekerja di kondisi 100-120 derajat Celcius.

Membuat tekanan angin jadi tinggi saat panas, bahkan bisa mencapai 2.1 bar atau 30,4579 PSI.

"Jika lebih dari 2.1 bar, tidak ada grip dan rem, sangat berbahaya saat balapan" menurut Dani Pedrosa, yang aktif jadi test rider KTM.

Diharapkan, perubahan minimal tekanan angin bisa mengurangi resiko ban mencapai angka 2.1 bar ke atas.

Menariknya, tekanan angin ban MotoGP berbeda ketika kondisi hujan.

Saat hujan, ban spek basah punya minimum tekanan angin depan 2 bar, lalu belakangnya 1,7 bar.

Saat hujan, tekanan angin ban MotoGP tidak terlalu naik drastis, karena aspal saat basah suhunya cenderung lebih stabil.

Artinya, tekanan angin ban MotoGP saat hujan itu depan 29 PSI, lalu belakang 24,65 PSI.

Dengan tekanan angin seperti itu, ternyata ban MotoGP dan ban motor harian kurang lebih sama ya Feders!

(federaloil.co.id)