Beranda / Berita / Tips Beli Motor Bekas

Supaya Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Motor Bekas Berkualitas

Tanggal : , Penulis : Ric

Supaya Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Motor Bekas Berkualitas

Feders-Membeli motor bekas menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki motor. Harga jual motor baru yang cukup tinggi menjadi alasan sebagian orang lebih memilih motor bekas.

Tapi dalam membeli motor bekas, Anda harus berhati-hati Guys, jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena kualitasnya belum tentu terjamin.

Begitu juga jika Anda mau beli motor Honda bekas, motor keluaran Honda memiliki purna jual yang baik, bahkan harga bekas motor Honda terbilang cukup kompetitif.

Meski harga jual motor Honda bekas masih tinggi, tetap saja ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan saat akan membeli motor bekas. 

Pasalnya, ada beberapa motor yang dijual dengan keadaan yang tidak benar-benar prima. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini tips membeli motor bekas yang bisa Anda lakukan.

1.Tentukan Anggaran
Sebelum memutuskan membeli motor bekas, ada baiknya menentukan anggaran yang dimiliki, jangan sampai begitu tiba di diler motor bekas ternyata uang yang disiapkan malah kurang.

Menentukan anggaran sangat penting, tujuannya supaya Anda bisa memperkirakan kira-kira dengan uang yang sudah ada bisa dapat motor jenis apa.

2.Tentukan Motor Yang Akan Dibeli
Sebelum memutus membeli motor bekas, ada baiknya menentukan pilihan motor yang akan dibeli, apakah motor matic, sport atau bebek.

Pastikan Anda tahu motor mana yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mengetahui jenis motor akan membantu Anda menentukan patokan harga beli sesuai dengan pasaran.

3.Survey Harga Pasaran
Sebelum membeli, tidak ada salahnya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga motor tersebut di pasaran motor bekas. Anda bisa melakukan pengecekan di internet atau menanyakan kepada orang yang ahli.

4.Memilih Diler Motor Bekas
Akhir-akhir ini banyak penipuan berkedok jual beli motor Honda bekas. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa mencari penjual motor bekas yang sudah tepercaya. 

Reputasi yang bagus dari penjual biasanya didapatkan dari pelayanan yang memuaskan. Namun, bagaimana jika melakukan pembelian sepeda motor di situs jual beli online?

Teknologi memang tidak bisa dibendung. Banyak penjual motor yang sudah menggunakan internet untuk memasarkan dagangannya. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua penjual yang berada di situs jual beli online adalah penjual yang tepercaya. 

Untuk menghindari penipuan di situs jual beli online, ada baiknya Anda meminta saran atau pendapat kepada orang yang lebih berpengalaman perihal jual beli kendaraan bekas.

5.Periksa Kondisi Motor
Hal yang biasa dilakukan pembeli motor bekas dengan memerikasa kondisi motor, mulai dari bodi, mesin dan lain sebaginya.

Tujuannya untuk memastikan kondisi motor layak untuk dibeli, sehingga jika ada kerusakan Anda bisa bisa beralih ke motor lainnya.

Jangan lupa tanyakan apakah suku cadang masih asli atau sudah diganti dengan yang imitasi. Suku cadang asli pastinya memiliki nilai lebih dibanding dengan suku cadang imitasi.

6.Periksa Kelengkapan Surat-Surat
Sebelum bertransaksi, ada baiknya memeriksa kelenglapan surat-suratnya, jangan sungkan untuk menanyakan apakah suratnya lengkap atau tidak.

Jika Anda tidak menanyakannya bisa-bisa Buku Tanda Pemilik Kendaraan Bermotor masih di gadaikan.

Kelengkapan surat juga digunakan untuk mengetahui identitas pemilik asli kendaraan. Hindari pembelian motor yang tidak memiliki kelengkapan surat karena hal ini bisa menjadi indikasi bahwa motor terlibat dalam sebuah tindak kejahatan seperti barang hasil curian.

Selain itu, pastikan juga bahwa pemilik motor sebelumnya membayarkan pajak kendaraan dengan tertib tanpa menunggak. 

Jika usia nomor kendaraan mendekati usia 5 tahun, itu berarti sebentar lagi giliran anda atau pembeli berikutnya yang akan membayar pajak kendaraan.(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine