Beranda / Berita / CVT Berisik

Area CVT Matic Berisik? Bagian Ini Yang Harus Dicek Kembali

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Area CVT Matic Berisik? Bagian Ini Yang Harus Dicek Kembali

 

Federal Oil - Salah satu penyakit motor CVT adalah timbulnya suara berisik di area mesin. Ada beberapa sumber penyebab sura berisik yang ditimbulkan dari CVT diantaranya :

1. Sabuk V-Belt
Ketika V-belt aus, biasanya menimbulkan suara berisik di rumah CVT. Macam rantai yang kendur. 

Belum lagi, V-belt menjadi melar akibat aus yang mengakibatkan tutup CVT atau crankcase kerap tergesek belt.

Ketika dipakai, akselerasi awal juga biasa jadi selip seperti gas diputar tapi tenaga yang dihasilkan tidak sesuai putaran itu,

2. Mangkok Kopling (Cluth Housing)
Bunyi berdecit di bagian CVT bila gas dibuka penyebabnya ada pada clutch Housing atau biasa kita sebut mangkok kopling bor.

Di bagian mangkok kopling ada lem yang merekatkan kesing dan mangkok koplingnya, seiring berjalannya waktu akan habis.

3. Roller
Biasanya terdengar seperti suara kretek-kretek, saat grip gas dipuntir.

Keluarnya suara tersebut, bisa dipastikan part yang biasa disebut roller sudah peyang.

Tapi kalau sudah sampai mengeluarkan bunyi seperti itu, kebanyakan fisik roller sudah berubah dari bulat menjadi hancur.

Selain itu, roller yang sudah peyang, performa motor akan menurun. Saat grip gas dipelintir ada rasa ndut-ndutan.

4. Plastik Slider Tutup Rumah Roller
Timbul suara berisik di rumah CVT, bukan cuma karena roller peyang. 

Namun plastik slider tutup rumah roller juga bisa membuat berisik CVT bila sudah aus.

Bukan cuma timbul suara berisik, berhubung kerja peranti ini buka tutup atau bergeser keluar masuk seiring putaran mesin, gesekan tersebut mengakibatkan terjadinya keausan.

Jika rongganya semakin besar, otomatis suara berisik juga makin keras berasal dari part yang berongga ini.

Jika kondisi ini terus didiamkan, menyebabkan getaran serta gerakan pelat tutup roller tidak stabil lagi.

5. Kampas Kopling
Bunyi berdecit juga bisa di sebabkan oleh kampas kopling yang sudah menipis. 

Biasanya mesin sudah teriak di RPM tinggi namun kecepatan motor tak terlalu tinggi ini yang menyebabkan bunyi berdecit.

6. Secondary sliding Sheave
Penyebab bunyi kasar di bagian CVT, bisa juga disebabkan dari Face Set Moveable Driven yang oblak.

Tak sedikit dari bengkel yang menyebut part ini sebagai Secondary sliding Sheave.

Ketika part yang berfungsi untuk mendorong per CVT agar belt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak mulus dan perputarannya berbenturan dengan pasangannya.

Selain bunyi, ada gejala juga yang ditimbulkan oleh keausan part tersebut. Ketika motor ingin bergerak, ada hentakan-hentakan kecil.

7. Girboks
Biasanya jika laher-laher di girboks sudah aus, celah antar mata gigi renggang atau tidak presisi dan menyebabkan timbul suara kasar.

Laher girboks sangat mungkin membuat gigi rasio jadi renggang. Akibatnya saat roda deselarasi timbul dengung keras di belakang rumah CVT. Adapun penyebab laher girboks oblak, banyak sumbernya.

Bisa dari usia pakai, jarang ganti atau cek oli atau membiarkan terjadi kebocoran pada ruang gearbox sehingga pelumasan komponen jadi kurang maksimal.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine