Beranda / Berita / Cara Mencuci Motor Di Rumah Supaya Aman

Berikut ini Panduan Cara Mencuci Motor Sendiri di Rumah

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Berikut ini Panduan Cara Mencuci Motor Sendiri di Rumah

5.Jangan sampai ada sisa sabun

Setelah semua bagian motor selesai dicuci dengan shampoo motor dan disikat, Anda mulai membilas dengan air. Usahakan untuk menggunakan selang agar Anda lebih mudah membilas bagian-bagian tertentu. Seperti sela-sela atau ruang sempit yang sebelumnya sempat digosok dengan kuas kecil atau sikat tadi. Pastikan semua bagian telah terbilas dengan merata dan pastikan tidak ada sabun yang tertinggal. Karena, bisa menimbulkan flek atau bercak. Hindari untuk menyemprotkan atau menyiram dengan tekanan tinggi di bagian rantai motor. Hal ini agar pelumas yang melapisi rantai tidak rontok sehingga mengurangi performa rantai. Selain itu, air juga akan beresiko menimbulkan karat yang membuat rantai mudah putus.

Cara tepat membersihkan rantai yaitu dengan mencampur sabun cuci anti minyak yang dicampurkan dengan bensin. Percikkan ke rantai, kemudian sikat dengan sikat gigi secara merata. Setelah selesai Anda bisa berikan pelumas rantai hingga merata di setiap sendi rantai.

6.Keringkan dengan kanebo atau lap microfiber

Bila sudah dibilas dan dirasa sudah bersih, keringkan motor dengan lap lembut atau kain kanebo yang sifatnya menyerap air. Jangan mengeringkan motor dengan cara mendiamkan saja. Apalagi dijemur di bawah terik matahari langsung. Pasalnya, air bilasan tadi bisa memicu timbulnya bercak atau flek jika terkena panas atau angin. Bahkan, tak menutup kemungkinan juga akan muncul jamur juga. Maka dari itu, disarankan untuk mengeringkannya dengan menggunakan kanebo atau lap kering lembut yang sifatnya menyerap air. Sehingga, tidak ada air yang tertinggal saat mengeringkannya.

7.Cuci motor sesusai kebutuhan

Interval atau jarak cuci motor disesuaikan dengan Anda, kalau motor sering dipakai harian dianjurkan harus sering dicuci terutama saat hujan minimal seminggu sekali. Karena jika air hujan dibiarkan sampai kering dikhawatirkan membuat cat motor lebih cepat kusam. Lain hal jika tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai. Air laut tidak hanya membuat body motor kusam tetapi air laut juga bisa membuat komponen di motor yang berbahan besi jadi karatan.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine