Fausto Gresini, Sosok Penting Di Ajang Balap Dunia

Tanggal : 20 November 2022 , Penulis : Tim Konten

 

Federal Oil - Siapa yang tidak mengenal Fausto Gresini?

Pria kelahiran Imola, Italia pada 23 Januari 1961 itu merupakan salah satu tokoh paling dikenal di ajang balap dunia.

Awal karier balapnya, ia berhasil merebut juara dunia kelas 125cc pada 1985 dan 1987 dan menjadi runner up di tahun 1986.

Fausto Gresini balapan hingga 1994, baru pada 1997 ia mulai menjadi manager tim

Tim Gresini berhasil meraih kejuaraan dunia untuk pertama kalinya pada tahun 2001 dengan pembalap Jepang Daijiro Kato.

Fausto juga berhasil menjadi kampiun 2010 di Moto2  dengan Toni Elias merebut juara dunia  dan 2018 di Moto3 dengan Jorge Martin, bahkan di tahun  2019 tim miliknya  merebut juara dunia FIM Enel MotoE  dengan pebalapnya Matteo Ferrari.

Namun penggemar balap harus kehilangan sosok sang maestro, Fausto Gresini positif Covid-19 sebelum natal tahun 2020 dan pada tanggal 27 Desember ia mulai dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut.

Awalnya Fausto dirawat di rumah sakit di Imola, Italia, kemudian dirujuk ke Bologna, pada Rumah Sakit Maggiore Carlo Alberto Pizzardi khusus untuk kasus virus corona.

Fausto Gresini sudah sempat sadar bahkan dapat melakukan video call dengan keluarganya.  Namun pada tanggal 23 Februari 2021 yang lalu, Fausto Gresini meninggal dunia karena penyakitnya.

Meskipun sosoknya telah hilang dari ajang balap terbesar dunia tersebut, namun namanya tetap berkibar di sirkus balap MotoGP, Moto2 hingga Moto3.

Nadia Padovani, sang istri, bersama dua orang anaknya menjadi bagian dari Gresini Racing Team yang akan tetap membawa nama Fausto ke seluruh penjuru dunia.

(federaloil.co.id)

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk