Beranda / Berita / Istilah Istilah Di MotoGP

Inilah Istilah-istilah di MotoGP yang Harus Kamu Ketahui

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Inilah Istilah-istilah di MotoGP yang Harus Kamu Ketahui

Early breaking artinya mengerem lebih awal dan mengutamakan momentum membuka gas di tikungan. Sedangkan late breaking adalah manuver agresif dengan mengerem selambat mungkin untuk menyusul sebelum masuk tikungan. 

Entry/Exit Corner

Entry dan Exit Corner secara harafiah berarti titik masuk dan keluar tikungan. Titik masuk tikungan bisa dilihat dari kapan motor diajak membelok. Sementara titik keluar, bisa terlihat dari kapan pembalap membuka gasnya lagi.

Apex dan Kerb
Apex adalah titik terujung dari tikungan atau bisa disebut pula titik keluar tikungan. Ketika mendekati apex, pembalap bersiap menarik gas atau berakselerasi dengan cepat demi mendapat momentum. 

Sedangkan kerb, adalah pinggiran lintasan yang biasanya berbentuk bergerigi. Di balap mobil, kerb bisa membantu untuk melibas tikungan sekencang mungkin. Sedangkan di balap motor, kerb lebih berfungsi sebagai penanda sisi luar tikungan. 

High side/Low side
Istilah high side/low side adalah untuk menggambarkan kecelakaan yang dialami pembalap motor. High side berarti pembalap terlempar dari motornya sebelum terjatuh.

Sedangkan low side, bisa berarti pembalap terjatuh bersama motor. Biasanya dalam kondisi low side, pembalap akan ikut terseret bersama motornya sampai ke pinggir lintasan. 

Grip

Istilah grip adalah untuk daya cengkeram ban. Aspek yang satu ini sangat penting untuk mendapat perasaan yang bagus saat membalap. Semakin besar grip, maka pembalap bisa semakin kencang memacu motor. Jika kehilangan grip, maka pembalap pasti terjatuh, entah low atau high side. 

Homologasi

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine