Kenapa MotoGP Tidak Memiliki Starter Untuk Menyalakan?
Federal Oil - MotoGP merupakan puncak tertinggi dari teknologi yang digunakan di sepeda motor.
Dengan mesin prototipe dan kombinasi elektronik yang terbaik, menjadikan sebuah motor MotoGP merupakan motor paling mutakhir.
Namun begitu, ternyata ada satu komponen yang dimiliki oleh motor-motor umum jalan raya yang tidak dimiliki oleh sebuah motor MotoGP.
Komponen tersebut adalah starter, dimana rata-rata cara menyalakan motor MotoGP tidak menggunakan starter untuk menyalakannya.
Mengutip dari bermacam sumber, biasanya motor MotoGP menggunakan roller starter yang terletak di ban belakang yang berguna untuk menyalakan sepeda motornya.
Setelah starter mulai memutar roda belakang, gigi masuk dan kopling dilepas untuk menghidupkan mesin, biasanya metode ini diterapkan saat akan keluar pit dari garasi.
Cara lainnya untuk menyalakan adalah dengan mendorong motor dan para pembalap melompat sebelum motor melaju.
Terkadang juga para pembalap berdiri di atas pijakan kaki motornya sebelum duduk di jok sehingga membangkitkan friksi sehingga membuat ban berputar saat mereka melepas tuas kopling sebelum motor dinyalakan.
Kemudian, ada cara lainnya yang dipelopori oleh pabrikan Ducati, yakni menggunakan crankshaft starter, dengan cara starter-nya tinggal ditempelkan ke crankshaft motor MotoGP dan mesin akan menyala.
Salah satu alasannya lagi dengan tidak menggunakan starter konvensional adalah berat komponen starter itu sendiri.
TAGS
Starter Motor MotoGP Menyalakan Motor MotoGP Starter Elektrik Starter Manual Cara Dorong Motor Sistem Starter Eksternal MotoGP Starter elektrik Bermasalah Menyalakan Mesin sepeda motor Mesin Prototipe Menyalakan Motor MotoGP Roller Starter Mendoron
Artikel Lainnya

Beli Oli Dapat Motor? Cuma di Nyaman

Kenali Ciri Tensioner Mulai Rusak, Agar

Cara Pilih Rute yang Tepat Saat Mudik

Makin Irit Makin Nyaman Gunakan Oli

Selama Musim Hujan, Ini Perlengkapan

Tips Perawatan Ban Agar Awet Digunakan

Sebelum Oli Mesin Menguap, Kenali Dulu
