Beranda / Berita / Servis Motor

Komponen Apa Saja Yang Wajib Diperhatikan Saat Servis 10.000 Kilometer Pertama?

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Komponen Apa Saja Yang Wajib Diperhatikan Saat Servis 10.000 Kilometer Pertama?

 

Federal Oil - Sepeda motor yang telah dirawat setiap bulannya pun tetap harus ada perawatan ekstra ketika mencapai di kilometer tertentu.

Salah satunya adalah ketika odometer telah menunjukkan angka di 10.000 kilometer, maka ada beberapa komponen motor yang perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa komponen yang harus diperhatikan diantaranya adalah:

1. Saluran bahan bakar, fuel inection, sistem pembuangan serta bagian pengapian.

Komponen-komponen tersebut wajib mengalami pemeriksaan serta pengecekan lebih lanjut agar sepeda motor tetap nyamaan saat digunakan.

Lakukan pembersihan di area tersebut agar kondisi mesin tetap prima serta bahan bakar tidak boros saat sepeda mtor digunakan.

2. Rem, selang rem, ban, laher/bearing roda.

Sektor pengereman serta laher/bearing kaki-kaki juga wajib dilakukan pengecekan saat kilometer telah menyentuh angka 10.000 karena menyangkut ke keamanan saat sepeda motor digunakan.

Baiknya pengecekan dilakukan di bagian rem, ganti jika sudah menipis serta pengecekan di bagian minyak rem serta bagian laher/bearing roda agar roda tidak geal-geol saat digunakan

3. Sambungan rangka motor, standar samping dan area komstir.

Meskipun jika dilihat, komponen ini tampaknya tidak bermasalah namun tidak ada salahnya jika melakukan pengecekan terlebih dahulu karena ditakutkan adanya keropos atau karat di bagian rangka motor serta standar samping.

Untuk di area komstir, lakukan pengecekan di bagian laher/bearing agar sektor setang tetap nyaman digunakan.

4. Shockbreaker depan dan belakang.

Untuk sisi kenyamanan, pastinya sangat berkaitan erat dengan shockbreaker sepeda motor yang kita tunggangi.

Karena, jalanan yang kita tempuh tidak selamanya halus dan rata, maka kenyamanan di bagian peredam kejut pun harus dilakukan.
Salah satu caranya adalah pengecekan sil karet, kebocoran oli serta per bagian dalam shockbreaker.

5. V-belt di motor matic.

Krena sudah menyentuh angka 10.000 kilometer, tidak ada salahnya juga mengecek bagian v-belt, karena jika sudah aus baiknya dilakukan penggantian agar laju mesin motor maticmu tetap lancar digunakan.

6. Oli mesin wajib diganti

Penggantian oli mesin tidak harus jika menyentuh 10.000 kilomter, namun harus rutin dilakukan setiap 1.000 atau 2.000 kilometer agar pelumasan di area mesin tetap terjaga.

Selalu gunakan oli dari Federal Oil™ yang bisa didapatkan didapatkan di bengkel rekanan Federal Oil™, yaitu Federal Oil™ Center terdekat dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, serta Official Online Store yang dimiliki oleh store Federal Oil™ di Tokopedia, Shopee, dan JD.ID.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine