Mau Mendengarkan Suara Konsumen Jadi Kunci Kesuksesan Federal Oil
“Karena itu, kami berupaya membantu para mitra kami, yakni para pemilik bengkel, mekanik, dan para promotor di lapangan, agar menjalankan protokol kesehatan,” kata Patrick Adhiatmadja selaku President Director & CEO PT Federal Karyatama.
Realisasinya antara lain dengan membagikan ribuan masker dan hand sanitizer untuk mitra bengkel.
“Kami juga terus mengomunikasikan protokol kesehatan di akun media sosial kami,” ujarnya.
Dari segi kepuasan pelanggan, skor yang diraih Federal Oil termasuk yang tertinggi. Patrick meyakini pada dasarnya pelanggan itu loyal dan tidak mudah berpaling ke merek lain selama merek tersebut bisa dipercaya dapat memenuhi kebutuhan mereka.
“Untuk itu, kami berusaha memahami kebutuhan dan aspirasi konsumen di setiap tahap customer’s journey,” katanya.
Seperti industri lain pada umumnya, situasi pandemi juga membawa tantangan bagi industri pelumas.
Terutama, terkait dengan aturan social distancing dan pembatasan sosial berskala besar, sehingga banyak orang yang terpaksa tinggal di rumah.
Dari survei IBBA, skor brand value yang dicapai Federal Oil tahun 2020 ini memang lebih rendah dibandingkan tahun lalu.
Namun, menurut Patrick, situasi ini juga memberikan sejumlah hal positif. Salah satunya, pihaknya jadi bisa berinteraksi dengan lebih banyak konsumen melalui media digital.
Situasi ini juga membuat program seperti WaGaOl bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Begitu juga dengan program promo Sobek Berhadiah. “Engagement kami dengan konsumen jadi lebih erat,” ujarnya.
Patrick pun meyakini pascapandemi pasar pelumas Indonesia akan tetap menjanjikan, seiring dengan mobilitas masyarakat yang akan kembali meningkat.