Beranda / Berita / Survey IBBA 2020

Mau Mendengarkan Suara Konsumen Jadi Kunci Kesuksesan Federal Oil

Tanggal : , Penulis : Admin

Mau Mendengarkan Suara Konsumen Jadi Kunci Kesuksesan Federal Oil

Feders-Meski di tengah gempuran pandemi Covid-19, Federal Oil tetp konsisten memberikan produk terbaik untuk masyarakat di Indonesia.

Berbagai program dilakukan oleh Federal Oil supaya tetap bisa melayani kebutuhan pelumas di Tanaha Air.

Di tengah pandemi yang sedang berlangsung, Federal Oil berhasil menjadi juara pada survei IBBA 2020.

Dari hasil tersebut, merk pelumas Federal Oil menjadi yang paling menonjol dalam hal TOM Ad, TOM Brand, dan tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction), diantara merk lainnya.

Tahukah Feders, apa yang menjadi kunci dari hasil tersebut ?

Karena selama ini Federal Oil mau mendengarkan kebutuhan konsumen/pelanggan; baik dari komentar di media sosial maupun analisis hasil survei pasar.

Strategi beriklan yang diterapkan Federal Oil berpatokan pada dua hal, yakni: menjalankan komunikasi yang relevan dan memilih kanal media yang sesuai dengan target pasar. 

Di era disrupsi digital, penggunaan platform dan aplikasi juga ditingkatkan. Hal ini ditunjang pula dengan kecepatan memberikan solusi atas kebutuhan konsumen.

Terkait pandemi Covid-19, produk pelumas motor memang tidak langsung berkaitan dengan risiko penularan. 

Namun, menurut Patrick, pihaknya memperhatikan adanya risiko penularan di tempat penggantian oli, yang mayoritas dilakukan di bengkel-bengkel motor.

“Karena itu, kami berupaya membantu para mitra kami, yakni para pemilik bengkel, mekanik, dan para promotor di lapangan, agar menjalankan protokol kesehatan,” kata Patrick Adhiatmadja selaku President Director & CEO PT Federal Karyatama.

Realisasinya antara lain dengan membagikan ribuan masker dan hand sanitizer untuk mitra bengkel. 

“Kami juga terus mengomunikasikan protokol kesehatan di akun media sosial kami,” ujarnya.

Dari segi kepuasan pelanggan, skor yang diraih Federal Oil termasuk yang tertinggi. Patrick meyakini pada dasarnya pelanggan itu loyal dan tidak mudah berpaling ke merek lain selama merek tersebut bisa dipercaya dapat memenuhi kebutuhan mereka. 

“Untuk itu, kami berusaha memahami kebutuhan dan aspirasi konsumen di setiap tahap customer’s journey,” katanya.

Seperti industri lain pada umumnya, situasi pandemi juga membawa tantangan bagi industri pelumas. 

Terutama, terkait dengan aturan social distancing dan pembatasan sosial berskala besar, sehingga banyak orang yang terpaksa tinggal di rumah. 

Dari survei IBBA, skor brand value yang dicapai Federal Oil tahun 2020 ini memang lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Namun, menurut Patrick, situasi ini juga memberikan sejumlah hal positif. Salah satunya, pihaknya jadi bisa berinteraksi dengan lebih banyak konsumen melalui media digital.
 
Situasi ini juga membuat program seperti WaGaOl bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Begitu juga dengan program promo Sobek Berhadiah. “Engagement kami dengan konsumen jadi lebih erat,” ujarnya.

Patrick pun meyakini pascapandemi pasar pelumas Indonesia akan tetap menjanjikan, seiring dengan mobilitas masyarakat yang akan kembali meningkat. 

“Kami akan terus menjaga engagement kami dengan semua stakeholder kami: distributor, bengkel, mekanik, dan tentu konsumen kami,” ia menegaskan.(federaloil)

Berita ini sudah tayang di SWA dengan judul : Federal Oil, Sukses karena Mau Mendengarkan Kebutuhan Konsumen

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine