Beranda / Berita / Komponen Sepeda Motor

Shockbreaker Depan Motor Matic Terasa Keras? Lakukan 4 Langkah Ini

Tanggal : , Penulis : admin

Shockbreaker Depan Motor Matic Terasa Keras? Lakukan 4 Langkah Ini

FEDERS - Shockbreaker atau suspensi bertugas meredam getaran motor matic kamu, bila menghadapi kondisi jalan yang tidak rata, seperti berbatu, bergelombang.

Seiring usia pemakaian shockbreaker dirasakan fungsinya peredamannya menurun atau terasa keras, terutama untuk bagian depan.

Jika feders merasakan hal itu, ada baiknya periksa komponen berikut ini dan lakukan penyetelan ulang, sebelum menggantinya dengan yang baru.

Perlu diingat, penyetelan ulang suspensi depan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena ada tahapan yang harus dilakukan.

Baca Juga: Federal Matic Forcemaxx Rekomendasi Untuk Motor Yamaha Nmax

Berikut adalah 4 langkah yang biasa dilakukan mekanik harian maupun balap.

Langkah Pertama

Menambah oli sok depan ada batasnya. Maksimal 5 cc dari standar. Lebih dari itu akan membuat ruang kosong di tabung sok menyempit.

Efeknya, saat mendapat tekanan cairan yang seharusnya pindah ke ruang lain terhambat. Jadi, kayak suspensi mati.

Pabrikan sendiri melarang ganti oli sok SAE-10 dengan oli lain lantaran kekentalannya beda.

Jika terlalu kental akan sulit lewat lubang suling dan berakibat sok jadi limbung.

Langkah Kedua

Berikutnya dengan memperkecil lubang suling untuk menahan derasnya aliran oli sok.

Hal ini biasa dilakukan di motor balap, efeknya bisa bikin pantulan atau rebound lebih lambat.

Tapi, pekerjaan ini butuh ketelitian dan bantuan tukang las. Sebab jika lubang terlalu kecil, oli malah tidak mengalir.

Baca Juga: Bolehkah Oli Gardan Pakai Oli Mesin ?

Langkah Ketiga

Mengganti per, dengan syarat panjang per pengganti harus sama, supaya pas waktu dipasang.

Perhatikan juga kerapatan ulirnya, semakin banyak dan rapat, maka per menjadi lebih keras.

Contoh, Vario bisa menggunakan per sok depan Karisma atau Supra X. Panjang sama tapi per lebih keras.

Langkah Keempat

Terakhir, ganjal ring. Meski tidak disarankan, namun beberapa mekanik memperbolehkan dengan syarat.

Yaitu, pakai ring (washer) aseli atau orisinal yang tak mudah terkikis.

Sebab gram-gramannya bisa menyumbat lubang suling bahkan bisa merusak seal dan as sok.

***

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine