Beranda / Berita / Tips Motor

Tips Jitu Cegah Apek Helm Yang Basah Karena Berkendara Saat Hujan

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Tips Jitu Cegah Apek Helm Yang Basah Karena Berkendara Saat Hujan

Federal Oil - Helm merupakan salah satu perangkat safety gear yang amat penting untuk perlindungan kepala, amit-amit jika terjadi benturan akibat kecelakaan.

Kesadaran untuk menggunakan helm sangatlah penting untuk dilatih sejak dini, berkendara hanya ke depan komplek yang berjarak 500 meter pun coba dilatih dan dibiasakan untuk selalu mengenakan helm.

Karena merupakan piranti yang amat penting untuk aktivitas berkendara, maka helm perlu mendapatkan perawatan maupun perlakuan yang telaten agar usia pakai helm lebih awet, salah satunynya adalah bagaimana memperlakukan dan merawat helm selama musim hujan.

Ketika hujan umumnya para pengendara suka mengusap bagian kaca atau visor untuk menghilangkan air atau kotoran yang mengganggu penglihatan, apalagi di waktu riding malam.

Kebiasaan ini jika sering dilakukan, lama kelamaan di permukaan visor akan timbul baret-baret halus, yang semakin lama bisa bikin kaca visor semakin buram.

Tipsnya, jika sedang berkendara saat hujan lebih baik sapu/usap dengan menggunakan tangan langsung, artinya sarung tangan lebih baik dilepas atau ganti glove khusus yang berbahan halus, karena dikhawatirkan permukaan sarung tangan yang berbahan kasar bisa menimbulkan goresan-goresan di visor.

Momen mengusapnya pun kalau bisa dikala turun hujan agak deras, jadi bagian jari yang mengusap dibantu air hujan yang menyirami visor.

Setelah digunakan saat hujan, terkadang juga banyak pengendara yang suka salah menanganinya yakni langsung dibiarkan ditempat penyimpanan tanpa dikeringkan terlebih dahulu.

Helm yang habis kehujanan disarankan langsung segera dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, bisa menggunakan kipas angin atau blower dan jangan dikeringkan dibawah terik matahari langsung, karena bisa mengurangi tingkat density dan performa busa sebagai bagian penting komponen untuk meredam benturan.

Jika visor terlalu kotor ada baiknya langsung dibersihkan dengan kain microfiber halus dengan sedikit sabun, usap dengan lembut dan cukup satu arah, setelah itu bilas dan keringkan dengan kipas angin.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine