Ubah Per CVT Bisa Buat Tarikan Motor Matic Lebih Enteng?
Federal Oil - Setiap motor matic, pasti memiliki komponen pegas atau per berukuran besar ini terletak di puli bagian belakang pada komponen CVT (Continuously Variable Transmission).
Tugasnya untuk mengatur kerenggangan sliding sheave atau puli belakang.
Boleh dibilang tugasnya mengatur reduksi alias perbandingan gigi, diibaratkan puli depan dan belakang di motor matic adalah sproket di motor non-matic.
Mengutip dari GridOto, ada tips memilih per CVT untuk motor matic agar tarikan semakin enteng.
Richard Rismala, owner bengkel A2 Speed yang ada di Joglo, Jakarta Barat memberikan penjelasan terkait hubungan per CVT dengan tarikan sepeda motor.
Menurut Richard sapaan akrabnya, untuk membuat akselerasi motor matic menjadi lebih cepat, maka Feders bisa pilih per CVT yang lebih keras dari bawaan.
"Per CVT yang lebih keras itu memiliki daya redam pegas dan gaya balik yang lebih cepat. Itu yang dibutuhkan untuk membuat akselerasi menjadi lebih cepat," ucap Richard.
Semakin tinggi angka RPM pada CVT motor matic menandakan kalau per CVT itu semakin keras.
Untuk kondisi mesin yang masih standar atau belum banyak modifikasi, Richard sarankan maksimal pakai kekerasan per CVT 1.500 RPM.
"Lebih keras dari itu biasanya putaran bawahnya malah seperti tertahan atau mesin menggerung. Maksimal 1.500 RPM untuk mesin standar," yakinnya.
TAGS
Akselerasi Motor Matic Diameter Per CVT Komponen Pegas Konsultasi Ke Mekanik Motor Matic Per CVT Per CVT Motor Matic Perbandingan Gigi Puli Belakang Tarikan Motor Tarikan Motor Lebih Enteng Tips Memilih Per CVT Ukuran Per CVT