Beranda / Berita / Awal Mula Motor

Inilah Cikal Bakal Michio Suzuki Bangun Perusahaan Otomotif Besar Dunia

Tanggal : , Penulis : Ric

Inilah Cikal Bakal Michio Suzuki Bangun Perusahaan Otomotif Besar Dunia

Pada tahun 1920 Michio bahkan perkenalkan bisnisnya di bursa saham dengan nama Suzuki Loom Manufacturing Company (SLMC) perusahaan yang mengembangkan perkakas serta peralatan tenun menenun.

Waktu berputar, dunia berubah, mesin tenn yang awalnya laris, alam kelamaan menurun secara kuantitas untuk jumlah penjualan.

Mesin tenun kayu dengan sistem pedal bikinan Michio dikenal andal dan awet, sehingga permintaan mesin ini makin sedikit, Michio Suzuki kemudian mempertimbangkan untuk membuat sebuah produk otomotif.

Baca Juga

  • Sejarah Asal Mula Sepeda Motor

Mesin otomotif pertama prototype mobil Eropa

Di Jepang saat itu banyak warga yang masih menggunakan mobil impor tapi belum memuaskan selera pasar.

Selera pasar saat itu adalah mobil yang murah, ringan, irit dan efisien. Pada tahun 1938 Michio bersama tim membuat sebuah prototype mobil pertamanya yang dibuat berdasarkan mobil Eropa, Austin Seven. Saat itu perang dunia kedua terjadi, proyek ini terbengkalai. Sementara waktu produk mobil tak dilanjutan.

Seusai perang dunia Michio kemudian memulai lagi bisnisnya, solah mulai dari nol lantaran dampak perang yang sangat besar, ia kembali memproduksi mesin tenun.

Ternyata prospek mesin tenun redup, permintaan untuk produksi tekstil serta mesin tenun menurun drastis.

Sepeda motor pertama Suzuki

Michio sudah terbiasa dengan jatuh bangun dalam bisnis, mulai dari perang yang berdampak besar, pabriknya luluh lantak dengan bombardir dari pesawat lawan saat itu, bahkan pula pernah gempa bumi dahsyat juga menghancurkan properti bisnis Michio.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine