Beranda / Berita / Awal Mula Motor

Inilah Cikal Bakal Michio Suzuki Bangun Perusahaan Otomotif Besar Dunia

Tanggal : , Penulis : Ric

Inilah Cikal Bakal Michio Suzuki Bangun Perusahaan Otomotif Besar Dunia

Sepeda Power Free produk pertama sepeda yang ditempel mesin murni buatan Suzuki dan laris manis saat itu. (SUZUKI-MOTOR.CO.ID)

Ia merupakan sosok yang tangguh, tak hanya dalam menghadapi bencana tapi juga saat melihat peluang bisnis.

Ketika prospek mesin tenun menurun, lalu produk mobil belum bisa dilanjutkan, ia melihat ada sebuah peluang yang besar.

Saat tu sekitar 1 juta orang Jepang tak memiliki akses alat transportasi, Michio kemudian mencoba mengalihkan bisnis mesin tenun ke mesin transportasi.

Ide Michio sederhana, menempelkan mesin ke sepeda dan mengubahnya menjadi kendaraan bermotor. Pada tahun 1952 ide Michio terwujud dan terealisasi dengan dirilisnya 'Power Free'

Baca Juga

  • Inilah Hari Bersejarah bagi Honda

Sebuah sepeda motor yang menggunakan mesin murni buatan Suzuki dengan kualitas tinggi. Produk ini diapresiasi untuk inovasi serta keandalannya.

Suzuki bahan mendapatkan subsidi dari Kantor Ha Paten untuk meneruskan riset mesin sepeda motor. Tak lama 'Power Free' dirilis, pemerintah Jepang ubah kebijakan terkait izin mengendarai sepeda motor berkapasitas kecil.

Pemerintah Jepang saat itu tak lagi mewajibkan warga untuk memiliki Surat Izin Mengemudi untuk mengendarai sepeda motor 4 tak berkapasitas sampai 90cc dan 2 tak sampai 60cc.

Berdasar kebijakan ini Suzuki kemudian melakukan pengembangan sepeda motor dengan meningkatkan daya mesin menjadi 60cc. Sukses dengan 'Power Free' Suzuki lalu meluncurkan 'Diamond Free' pada tahun 1953 dan 'Mini Free' tahun 1954.

Fantastis, angka produksi meningkat tajam. Per bulannya bahkan capai angka produksi lebih dari 5 ribu sepeda motor. Suzuki Loom Manufactured Company pun kemudian berganti menjadi Suzuki Motors Ltd.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine