Beranda / Berita / Awal Mula Motor

Inilah Cikal Bakal Michio Suzuki Bangun Perusahaan Otomotif Besar Dunia

Tanggal : , Penulis : Ric

Inilah Cikal Bakal Michio Suzuki Bangun Perusahaan Otomotif Besar Dunia

Feders-Sebuah perusahaan otomotif besar dunia yang turut ambil bagian ubah wajah transportasi untuk dunia. Adalah Michio Suzuki, sang pencetus sejarah yang saat muda di umur 22 tahun dari area Enshu, Hamamatsu, Prefektur Shizuoka memulai langkah berani.

Perjalanan panjang yang ditempuh, jatuh bangun beberapa kali dan menjadikan Suzuki berjaya hingga saat ini.

Berdasar rilis dari Suzuki Motor Corporation pada Tribunnews.com Michio Suzuki adalah pendiri sekaligus penancap tonggak kokohnya raksasa bisnis Suzuki.

Michio mengawali langkahnya dengan suatu hal yang unik. Ia membuat sebuah produk yang tak biasa, sebuah mesin tenun dari kayu dengan sistem pedal.

Pilihannya tak lepas dari lingkungan keluarganya, Michio merupakan anak petani kapas, ia kemudian tumbuh menjadi seorang tukang kayu yang andal.

Seorang pekerja keras yang tak pernah menyerah. Ia kemudian berpikir bagaimana produk kapas dari ayahnya bisa menjadi sebuah produk dengan nilai jual lebih tinggi.

Michio kemudian membuat sebuah mesin tenun dan akhirnya mesin tersebut ia pasarkan secara massal pada tahun 1909. Michio ubah 'sebatang kayu' menjadi mesin yang bermanfaat.

Langkah berani dari seorang pemuda, bukannya dipakai sendiri untuk memintal ia bahkan membuat sebuah perusahaan untuk menjual mesin tenun tersebut. Saat itu Jepang menjadi pengekspor kain besar bahkan permintaan ekspor banyak dari India.

Mesin tenun kayu dengan sistem pedal yang diciptakan Michio Suzuki jadi cikal bakal berdirinya perusahaan otomotif besar dunia. (SUZUKI-MOTOR.CO.ID)

Ia menjual mesin tenun kayu dengan sistem pedal di bawah naungan Suzuki Loom Works.Produk kreasi Michio laris manis, banyak yang memesan mesin tersebut untuk memenuhi permintaan ekspor.

Pada tahun 1920 Michio bahkan perkenalkan bisnisnya di bursa saham dengan nama Suzuki Loom Manufacturing Company (SLMC) perusahaan yang mengembangkan perkakas serta peralatan tenun menenun.

Waktu berputar, dunia berubah, mesin tenn yang awalnya laris, alam kelamaan menurun secara kuantitas untuk jumlah penjualan.

Mesin tenun kayu dengan sistem pedal bikinan Michio dikenal andal dan awet, sehingga permintaan mesin ini makin sedikit, Michio Suzuki kemudian mempertimbangkan untuk membuat sebuah produk otomotif.

Baca Juga
  • Sejarah Asal Mula Sepeda Motor

Mesin otomotif pertama prototype mobil Eropa

Di Jepang saat itu banyak warga yang masih menggunakan mobil impor tapi belum memuaskan selera pasar.

Selera pasar saat itu adalah mobil yang murah, ringan, irit dan efisien. Pada tahun 1938 Michio bersama tim membuat sebuah prototype mobil pertamanya yang dibuat berdasarkan mobil Eropa, Austin Seven. Saat itu perang dunia kedua terjadi, proyek ini terbengkalai. Sementara waktu produk mobil tak dilanjutan.

Seusai perang dunia Michio kemudian memulai lagi bisnisnya, solah mulai dari nol lantaran dampak perang yang sangat besar, ia kembali memproduksi mesin tenun.

Ternyata prospek mesin tenun redup, permintaan untuk produksi tekstil serta mesin tenun menurun drastis.

Sepeda motor pertama Suzuki

Michio sudah terbiasa dengan jatuh bangun dalam bisnis, mulai dari perang yang berdampak besar, pabriknya luluh lantak dengan bombardir dari pesawat lawan saat itu, bahkan pula pernah gempa bumi dahsyat juga menghancurkan properti bisnis Michio.

Sepeda Power Free produk pertama sepeda yang ditempel mesin murni buatan Suzuki dan laris manis saat itu. (SUZUKI-MOTOR.CO.ID)

Ia merupakan sosok yang tangguh, tak hanya dalam menghadapi bencana tapi juga saat melihat peluang bisnis.

Ketika prospek mesin tenun menurun, lalu produk mobil belum bisa dilanjutkan, ia melihat ada sebuah peluang yang besar.

Saat tu sekitar 1 juta orang Jepang tak memiliki akses alat transportasi, Michio kemudian mencoba mengalihkan bisnis mesin tenun ke mesin transportasi.

Ide Michio sederhana, menempelkan mesin ke sepeda dan mengubahnya menjadi kendaraan bermotor. Pada tahun 1952 ide Michio terwujud dan terealisasi dengan dirilisnya 'Power Free'

Baca Juga
  • Inilah Hari Bersejarah bagi Honda

Sebuah sepeda motor yang menggunakan mesin murni buatan Suzuki dengan kualitas tinggi. Produk ini diapresiasi untuk inovasi serta keandalannya.

Suzuki bahan mendapatkan subsidi dari Kantor Ha Paten untuk meneruskan riset mesin sepeda motor. Tak lama 'Power Free' dirilis, pemerintah Jepang ubah kebijakan terkait izin mengendarai sepeda motor berkapasitas kecil.

Pemerintah Jepang saat itu tak lagi mewajibkan warga untuk memiliki Surat Izin Mengemudi untuk mengendarai sepeda motor 4 tak berkapasitas sampai 90cc dan 2 tak sampai 60cc.

Berdasar kebijakan ini Suzuki kemudian melakukan pengembangan sepeda motor dengan meningkatkan daya mesin menjadi 60cc. Sukses dengan 'Power Free' Suzuki lalu meluncurkan 'Diamond Free' pada tahun 1953 dan 'Mini Free' tahun 1954.

Fantastis, angka produksi meningkat tajam. Per bulannya bahkan capai angka produksi lebih dari 5 ribu sepeda motor. Suzuki Loom Manufactured Company pun kemudian berganti menjadi Suzuki Motors Ltd.

Bila sebelumnya yang diproduksi adalah mesin yang ditempel pada sepeda, pada Juni 1954 Suzuki merilis sepeda motor pertamanya 'Colleda.

Tak hanya sepeda motor pertama, Suzuki juga merilis mobil yang jadi cikal bakal mobil penumpang Suzuki dengan nama 'Suzulight'. Suzuki memulai masa keemasan dengan kendaraan roda empat di tahun 1979 dengan hadirnya Suzuki Alto.

Suzuki bahkan menempati peringkat ketujuh sebagai mobil produksi Jepang terlaris saat itu dengan kehadiran Suzuki Alto. Kemudian pada Tahun 1988, Suzuki merilis Vitara sebuah mobil compact SUV lalu dilanjutkan dengan Wagon R. Wagon R merupakan mobil tall wagon mini pertama yang diluncurkan pada tahun 1993.(federaloil.co.id)
source https://www.msn.com

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine