Tekanan Ban MotoGP, Ternyata Hampir Sama Dengan Ban Motor Harian
Saat balapan di sirkuit, ban MotoGP harus bekerja di kondisi 100-120 derajat Celcius.
Membuat tekanan angin jadi tinggi saat panas, bahkan bisa mencapai 2.1 bar atau 30,4579 PSI.
"Jika lebih dari 2.1 bar, tidak ada grip dan rem, sangat berbahaya saat balapan" menurut Dani Pedrosa, yang aktif jadi test rider KTM.
Diharapkan, perubahan minimal tekanan angin bisa mengurangi resiko ban mencapai angka 2.1 bar ke atas.
Menariknya, tekanan angin ban MotoGP berbeda ketika kondisi hujan.
Saat hujan, ban spek basah punya minimum tekanan angin depan 2 bar, lalu belakangnya 1,7 bar.
Saat hujan, tekanan angin ban MotoGP tidak terlalu naik drastis, karena aspal saat basah suhunya cenderung lebih stabil.
Artinya, tekanan angin ban MotoGP saat hujan itu depan 29 PSI, lalu belakang 24,65 PSI.
Dengan tekanan angin seperti itu, ternyata ban MotoGP dan ban motor harian kurang lebih sama ya Feders!
(federaloil.co.id)