Semprot Lubang Oli Saat Ganti Oli Motor, Jangan Pakai Tekanan Tinggi
Lazimnya 'ritual' penggantian oli motor adalah meyemprot lubang pengisian oli dengan angin bertekanan dari kompresor untuk membuang sisa-sisa oli lama yang masih mengendap di ruang mesin dan komponen mesin.
Ternyata cara ini beresiko Feders, hal ini memicu kotoran dalam besin tersebar, "Jika menggunakan semprotan angin dengan kekuatan yang besar, kotoran-kotoran didalam mesin justru akan tersebar ke seluruh bagian mesin, apalagi ketika filter oli masih terpasang," kata Haris, mekanik dari Federal Oil Center Gemilang Motor, Purwakarta.
Jika ingin melakukan penyemprotan, baiknya tidak dengan tekanan yang tinggi, lebih baik jika filter oli dilepas dulu sembari embersihkan peranti penyaring kotoran ini. Atau jika ingin benar-benar aman, jangan lakukan penyemprotan, namun tentu saja membutuhkan waktu yang agak lama untuk memastikan oli benar-benar keluar semua dari ruang mesin.
Jika kotoran dalam filter oli tersebar maka kinerja pelumasan tidak akan maksimal, itu sebabnya pula filter oli yang terbuat dari bahan sejenis kertas memiliki masa pakai agar kotoran yang tersaring tidak bersirkulasi dengan oli, jika filter tebuat dari bahan metal, ada waktunya membersihkan peranti ini.
Yag pasti menyemprotkan angin komresor pada lubang oli boleh-boleh saja asalkan tidak terlalu besar tekanannya. (federaloil.co.id)
Artikel Lainnya
Ban Motor Beda Ukuran, Apa Penyebabnya?
Mau Bertemu Para Pembalap Gresini Racing
Ubah Per CVT Bisa Buat Tarikan Motor
Dua Perbedaan Jenis Servis Sepeda Motor
Bagaimana Cara Membaca Kemasan Oli Mesin
Federal Ultratec Makin Irit Makin Nyaman
Begini Perawatan Rutin Motor Agar Tidak