Apa Penyebab Motor Ngebul atau Berasap Pada Knalpotnya ? Berikut Penjelasannya

Tanggal : 01 November 2022 , Penulis : Tim Konten

Apa Penyebab Motor Ngebul atau Berasap Pada Knalpotnya ? Berikut Penjelasannya

Jenis knalpot merupakan penyebab berikutnya yang bisa menyebabkan motor ngebul saat mesin panas. Ada jenis knalpot yang dilengkapi dengan sistem penyemprotan oli ke dalam spare part tersebut. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pembakaran, sehingga gas hasil emisi dalam suhu tinggi.

Kepulan asap motor yang disebabkan oleh pengaruh knalpot tersebut umumnya berwarna putih pekat. Pengaruh dari sistem penyemprotan oli ke dalam knalpot tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, apabila pasokan cairan pelumas tersebut sesuai dengan kapasitas mesin.

Langkah lanjutan yang perlu dilakukan untuk mengatasi motor ngebul akibat hal ini adalah melepas knalpot, lalu hidupkan mesin.

Apabila motor tidak lagi mengeluarkan asap berwarna putih, tandanya Anda harus mengganti knalpot atau membawanya ke bengkel untuk diperbaiki.

Ring Piston Sudah Aus

Penyebab motor ngebul berikutnya adalah kondisi ring piston yang sudah dalam keadaan aus. Salah satu komponen ring piston di dalam motor mempunyai fungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Apabila ring piston tersebut aus, maka akan mempengaruhi kerapatannya.

Ring piston yang aus akan menimbulkan adanya celah dalam saluran mesin motor, sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Akibatnya adalah bahan bakar akan terkontaminasi dengan oli, sehingga hasil emisinya akan mengeluarkan asap tebal berwarna putih.

Tidak ada cara lain untuk memperbaiki ring piston yang sudah aus, kecuali dengan menggantinya. Hal ini tentu saja harus menggunakan bantuan montir karena letak ring piston berada di dalam mesin. Penggantian ring piston harus dilakukan dengan membongkar mesin terlebih dahulu.

Seal Katup Mengalami Kebocoran

Seal katup merupakan bagian mesin motor yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara ke ruang pembakaran.

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk