Apa Penyebab Motor Ngebul atau Berasap Pada Knalpotnya ? Berikut Penjelasannya

Tanggal : 01 November 2022 , Penulis : Tim Konten

Apa Penyebab Motor Ngebul atau Berasap Pada Knalpotnya ? Berikut Penjelasannya

Tingkat keenceran oli motor yang digunakan juga akan mempengaruhi kinerja mesin. Oli motor yang terlalu encer akan lebih mudah masuk ke ruang pembakaran. Hal tersebut tentu saja akan membuat cairan pelumas tersebut menyatu dengan bensin pada saat proses pembakaran.

Kondisi oli motor yang sudah encer tersebut juga bisa disebabkan karena tidak pernah dilakukan penggantian. Hal tersebut akan membuat oli mesin menjadi kotor bahkan habis, sehingga tidak bisa melumasi mesin pada saat proses pembakaran.

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin adalah mengganti oli motor dengan yang baru.

Penggantian oli motor harus dilakukan secara rutin selama dua bulan sekali atau ketika sudah mencapai jarak 1500 km. Di samping itu, perhatikan pula tingkat kekentalan oli motor tersebut.

Tune Up Mesin Berlebihan

Tune up mesin yang berlebihan juga akan menjadi penyebab motor ngebul. Hal ini dikarenakan pengaturan yang dilakukan tidak sesuai dengan mesin, sehingga memperberat kinerjanya. Upaya meningkatkan performa motor dengan cara tune up harus tetap memperhatikan kapasitas mesin.

Cara tune up yang tidak cocok juga akan membuat pembakaran di dalam mesin menjadi tidak beraturan. Akibatnya adalah, suhu mesin menjadi semakin panas pada saat pembakaran, sehingga motor menjadi ngebul.

Solusi terbaik untuk mengatasi motor ngebul karena kesalahan tune up ini adalah mengembalikan standar pengaturan sesuai performa mesin. Sangat disarankan untuk memperbaikinya dengan menggunakan bantuan montir agar tidak menyebabkan kesalahan yang lebih fatal.

Ruang Pembakaran Bermasalah

Penyebab motor ngebul yang terakhir adalah motor sudah berusia tua, sehingga ruang pembakarannya menjadi lapuk. Motor ngebul akan bertambah parah apabila kendaraan jarang mendapatkan perawatan dan tidak menggunakan jenis bahan bakar yang tepat.

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk