Apa Penyebab Motor Ngebul atau Berasap Pada Knalpotnya ? Berikut Penjelasannya

Tanggal : 01 November 2022 , Penulis : Tim Konten

Apa Penyebab Motor Ngebul atau Berasap Pada Knalpotnya ? Berikut Penjelasannya

Fungsi dari seal katup tersebut tidak akan bisa berjalan secara maksimal apabila komponen ini mengalami pengerasan, sehingga mengakibatkan kebocoran.

Dampak dari kebocoran seal katup tersebut tak lain adalah masuknya oli ke dalam manifold.

Kebocoran seal katup dapat terjadi karena pemakaian motor yang sudah dalam jangka waktu lama. Motor yang sudah lama digunakan, lambat laun seal katupnya akan mengalami pengurangan kerapatan.

Penggantian seal katup perlu dilakukan apabila komponen tersebut memang jelas mengalami kebocoran.

Pemilik motor harus membawa kendaraannya ke bengkel resmi untuk memastikan bahwa komponen  yang menyebabkan asap ngebul adalah seal katup, sehingga bisa melakukan penggantian.

Pemasangan Katup Tidak Tepat

Posisi pemasangan katup yang tidak tepat akan mengakibatkan terganjalnya komponen klep. Mesin motor dilengkapi dengan 2 katup, sehingga proses pemasangannya harus diperhatikan. Penyebab klep yang mengganjal bisa saja karena posisi katup pada mesin dipasang secara tertukar.

Pemasangan katup yang tertukar akan membuat posisi daun dan dudukannya tidak dalam posisi benar. Hal ini akan memicu terjadinya kebocoran, sehingga menyebabkan motor menjadi ngebul. Pemasangan katup yang tidak tepat pun akan menyebabkan mesin motor dalam suhu tinggi.

Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pemasangan katup tersebut adalah menyekir sparepart tersebut. Hal ini dilakukan agar daun dan dudukan katup berada dalam posisi yang seharusnya, sehingga klep tidak lagi terganjal dan dapat berfungsi dengan normal.

Kondisi Oli Mesin Encer

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk