Beranda / Berita / Harga Motor Motogp

Berapa Harga Sebuah Motor MotoGP? Ternyata Harganya Sangat Fantastis!

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Berapa Harga Sebuah Motor MotoGP? Ternyata Harganya Sangat Fantastis!

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio merupakan dua pembalap paling top yang bersaing di ajang MotoGP bersama tim Federal Oil - Gresini Racing.

Mereka menunggangi motor Ducati Desmosedici GP22, namun apakah Feders mengetahui harga dari masing-masing motor MotoGP yang ada?

Dikutip dari halaman The Race, harga dari satu unit motor balap di kelas MotoGP dibanderol dengan harga sekitar 2 sampai 4 juta Euro atau setara Rp 34,8 miliar hingga Rp 69,6 miliar.

Apakah harga tersebut mahal? Ternyata tidak juga lho Feders, harga sebuah unit tersebut juga ditentukan oleh paket spesifikasi seperti mesin, sasis, suspensi, hingga perangkat pengereman dan elektronik dari sebuah pabrikan sesuai kebutuhan dari para pembalap.

Yang membuat mahal, adalah biaya dari masing-masing komponen tersebut dari biaya pembuatan hingga penelitian dan pengembangan sehingga bisa dicapai sesuai keinginan pabrikan dan pembalap.

Hal tersebut juga berlaku di bagian-bagian lain yang ada di setiap motor.

Mulai dari area mesin, yang level pabrikan biasanya membutuhkan biaya sekitar 250 ribu Euro atau sekitar Rp 4,1 miliar, dan belum termasuk dengan biaya perbaikan jika ada kerusakan pada mesinnya.

Sensor-sensor dan bagian elektronik juga bisa menelan biaya hingga 100 ribu Euro atau setara dengan Rp 1,6 miliar.

Tidak hanya bagian mesin dan elektronik, bagian pengereman juga cukup mahal lho Feders, karena menyangkut nyawa sang rider MotoGP juga.

Bagian pengereman yang bisa tembus di angka 70 ribu Euro atau setara dengan Rp 1,1 miliar, namun sudah sepaket dengan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan yang akan menunjang kaki-kaki motor MotoGP.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine